July 1, 2017

Wabah Ransomware Petya Mengkhawatirkan Banyak Pihak di Dunia

Penulis: Redaksi Mobitekno
Wabah Ransomware Petya Mengkhawatirkan Banyak Pihak di Dunia  

MOBITEKNO – Ada saja serangan siber yang diam-diam ingin menyerang komputer di seluruh dunia saat musim liburan seperti ini. Jika sebelumnya dunia digemparkan dengan WannaCrypt, kini ada lagi ransomware yang bernama Petya.

Dilansir dari NextPowerUp (29/06/17), ransomware Petya ini penyebrannya cukup mengkhawatirkan. Dikabarkan malware ini sudah menyebar ke Amerika Serikat melalui sejumlah negara yang sebelumnya sudah terinfeksi, yakni Rusia dan Ukraina.

Beberapa negara yang terinfeksi itu pun membuat Petya mulai menyebar ke berbagai penjuru dunia lainnya. Selain Amerika, sebagian wilayah Eropa, Asia, dan Australia kini juga sudah ada yang terkena dampak dari ransomware tersebut.

Pada beberapa wilayah, Petya menyerang sejumlah sistem perbankan. Ia juga sempat menonaktifkan sistem monitoring radiasi otomatis pada sebuah pembangkit listrik tenaga nuklir di Ukraina, Chernobyl.

Di Amerika, beberapa rumah sakit di wilayah Los Angeles saat ini sudah terkena dampaknya. Tak cuma itu saja, sejumlah instansi di sana pun turut terkena serangan, seperti Merck dan FedEx.

Untuk bisa menyusup sistem keamanan, Petya sendiri diduga memanfaatkan berbagai celah keamanan yang ada pada sistem operasi Windows. Sebelumnya, cara tersebut juga digunakan oleh WannaCry.

Tags: , , , ,


COMMENTS