February 1, 2017

Mayoritas Netizen di Dunia Paling ‘Kepo’ Soal Toyota, Indonesia Justru Honda

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Mayoritas Netizen di Dunia Paling ‘Kepo’ Soal Toyota, Indonesia Justru Honda  

MOBITEKNO – Studi yang dilakukan Quickco menunjukkan Toyota menjadi merek otomotif yang paling sering dicari di Internet via Google sepanjang tahun 2016. Merek dari perusahaan otomotif Jepang ini berada di urutan teratas di 74 negara. Bagaimana dengan di Tanah Air? Orang Indonesia sebaliknya justru lebih penasaran dengan merek Honda. warga Indonesia sepertinya punya keingintahuan yang sama dengan negara tetangga (Malaysia dan Thailand) serta kanada dan Brazil.

Meski Toyota baru-baru ini dilewati oleh Volkswagen dalam hal unit penjualan (selisih 100 ribu unit), merek Toyota masih menjadi yang paling dicari di dunia maya (Google) di negara-negar, seperti Amerika, Cina, Australia, dan sebagaian besar negara Afrika.

Laporan ini dibuat Quickco dengan mengambil data dari 193 negara di dunia. Setelah Toyota yang terpopuler di 74 negara, merek BMW berada di urutan kedua karean paling populer di 51 negara, disusul produsen asal Korea Selatan, Hyundai yang populer di 17 negara.

Hasil studi Quickco juga menunjukkan bahwa faktor 'tuan rumah' juga kurang relevan dengan kepopurelan merek. Misalnya, warga Korea Selatan dan Jepang yang lebih tertarik mencari informasi mengenai BMW yang berasal dari Jerman. Hanya warga Swedia, Perancis, Jerman, Italia saja yang sepertinya masih terlihat 'nasionalis' karena masih paling tertarik dengan produk otomotif lokalnya (Volvo, Renault, BMW, dan Fiat). Laporan menarik adalah negara Nigeria, dimana mereka mobil mewah atau supercar Bugatti adalah mereka yang paling dicari informasinya di Google.

Fakto soal merek Honda yang lebih populer dicari informasinya di kawasan Asia Tenggara bukanlah hal yang mengejutkan. In sesuai dengan hangatnya diskusi yang ada social meda, forum diskusi, atau milis mengenai berbagai model kendaraan Hoda, baik roda dua atau pun roda empat (mobil).

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS