December 31, 2016

Trafik Meningkat di Akhir Tahun, Telkomsel Pantau Kualitas Layanan via IOC

Penulis: Eko Lannueardy
Trafik Meningkat di Akhir Tahun, Telkomsel Pantau Kualitas Layanan via IOC  

MOBITEKNO – Telkomsel terus melakukan pemantauan secara berkesinambungan alias 7 x 24 jam terhadap kualitas layanan bagi pelanggan dari Sabang sampai Merauke selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2017. Pemantauan ini dilakukan oleh Telkomsel melalui Integrated Operation Center (IOC) yang berlokasi di Telkomsel Smart Office, Jakarta.

IOC sendiri sebagai pusat kontrol yang dikembangkan oleh Telkomsel ini memiliki tiga fungsi operasi, yaitu Network Operation Center (NOC), IT Operation Center (ITOC), dan Customer Care Command Center (C4). Semuanya hadir guna memberikan layanan yang optimal bagi semua pelanggan Telkomsel.

Vice President Network Operation Management Telkomsel, Paulus Djatmiko menegaskan bahwa pemantauan ini sengaja dilakukan agar Telkomsel dapat memastikan layanan kepada pelanggan berjalan optimal, terutama di masa-masa terjadinya lonjakan trafik layanan komunikasi seperti saat malam pergantian tahun. 

"IOC yang dioperasikan ini tentunya sangat membantu kami dalam memantau kondisi layanan dan jaringan setiap saat. Tak hanya itu, lewat IOC ini sekaligus kami melakukan berbagai langkah antisipasi dan penanganan terhadap gangguan yang muncul. Lebih dari 160 petugas memantau pergerakan trafik layanan suara, SMS, dan data di IOC agar customer experience tetap terjaga," ujar Paulus. 

Selanjutnya, hasil pemantauan kemudian menjadi informasi awal bagi penanganan terhadap masalah yang muncul di lapangan. NOC misalnya, memiliki beberapa fungsi, seperti fungsi monitoring yang mengawasi status kesiapan jaringan telekomunikasi, fungsi remote maintenance yang melakukan perawatan dan perbaikan jarak jauh tanpa harus datang ke lokasi.   

Sementara itu pemantauan dari sisi C4 dilakukan untuk menangani berbagai hal terkait aktivitas komunikasi pelanggan seperti customer complaint, network incident, dan service performance. Selain itu Telkomsel juga memantau performansi dari aplikasi/web MyTelkomsel dan MyGraPARI, serta berbagai aplikasi pesan instan, media sosial, video streaming, dan musik streaming yang digunakan oleh pelanggan. 

Sedangkan ITOC difungsikan untuk memastikan akses pelanggan terhadap layanan Telkomsel dari sisi IT dapat dinikmati dengan lancar dan nyaman, seperti memantau aktivitas provisioning handling, charging system, value added services (VAS), dan digital services.   

Dilengkapi dengan dashboard monitoring wall display, IOC juga memantau secara langsung ketersediaan, utilisasi, dan performansi jaringan terutama di 687 titik keramaian utama yang telah diindentifikasi Telkomsel sebagai titik-titik yang tingkat aktivitas komunikasinya paling tinggi, seperti bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, tempat wisata, mal dan pusat perbelanjaan, serta rumah ibadah. 

Beroperasinya IOC melengkapi berbagai aktivitas yang dilakukan Telkomsel dalam menyambut momen Tahun Baru 2017, selain melakukan sejumlah peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan di seluruh Indonesia. 723 BTS baru dibangun secara khusus untuk momen pergantian tahun ini agar masyarakat dapat terus menikmati layanan telekomunikasi berkualitas. 

Di beberapa lokasi strategis yang memerlukan peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan, Telkomsel juga telah mengerahkan 91 compact mobile base station (Combat). Pada puncak periode Natal dan Tahun Baru 2017, Telkomsel memprediksi layanan data akan mencapai trafik tertinggi hingga 4,10 petabyte atau naik lebih dari 118% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. 

Hal ini seiring dengan semakin meningkatnya penggunaan layanan data oleh pelanggan untuk video streaming, musik streaming, online games, media sosial, chatting, dan penggunaan berbagai aplikasi lainnya. Sementara itu, trafik layanan suara diperkirakan menembus 1,52 miliar menit perhari dan trafik SMS diperkirakan mencapai 892 juta SMS perhari.

Tags: , , , , ,


COMMENTS