October 31, 2016

Analitik Big Data Cloudera Siap Tangani Seluruh Lingkungan Multi-Cloud dan Hybrid Cloud.

Penulis: Desmal Andi
Analitik Big Data Cloudera Siap Tangani Seluruh Lingkungan Multi-Cloud dan Hybrid Cloud.  

MOBITEKNO – Guna meningkatkan nilai bisnis, saat ini banyak perusahaan yang memanfaatkan cloud sebagai penyimpan data perusahaan. Perusahaan-perusahaan ini menggunakan cloud untuk lebih mengefisiensikan biaya bisnis sekaligus mempermudah proses produksi data yang jumlahnya bisa mencapai ribuan proses. Namun, untuk menggunakan cloud, perusahaan-perusahaan ini juga memerlukan proses transisi dari metode konvensional ke cloud system. Inilah yang dimanfaatkan Cloudera dalam mengembangkan teknologi cloud untuk kebutuhan perusahaan.

Cloudera sebagai perusahaan yang memiliki solusi cloud degan platform Apache Hadoop terus meningkatkan teknologinya untuk kemudahan dan kenyamanan dalam menggunakan infrastruktur cloud. Saat ini, Cloudera bahkan baru menginformasikan bahwa teknologi cloudnya mampu bekerja dalam lingkungan multi-cloud dan hybrid cloud. Hal ini tentunya dapat memudahkan para klien untuk melakukan transisi enuju cloud.

“Membantu para pelanggan kami untuk berhasil menggunakan cloud merupakan tujuan strategis utama bagi Cloudera. Hari ini, platform enterprise kami ditempatkan secara khusus untuk mendukung setiap jenis beban kerja big data pada cloud, baik transient maupun jangka panjang, untuk menangani batch job demi mendukung pengembangan jalur lini data atau mendukung analisis SQL canggih dan pengolahan peristiwa yang kompleks,” ujar Mike Olson, Co-Founder and Chief Strategy Officer Cloudera. “Kami menghadirkan elastisitas yang sebenarnya, yang dikembangkan untuk menangani permintaan beban kerja, dan menawarkan harga berbasis konsumsi yang diharapkan oleh pengguna pada cloud,” tambah Olson.

Banyak perusahaan enterprise, termasuk Adecco, Airbnb, GoPro, Nielsen, Novantas dan lain-lain, menjalankan Cloudera Enterprise pada infrastruktur cloud publik. Alasan pemanfaatan pada layanan cloud hibrid, multicloud, atau cloud tunggal seringkali berhubungan dengan keinginan untuk melakukan hal-hal berikut:

  • Menghemat biaya pembelian, konfigurasi, dan pemeliharaan hardware on-premise yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi big data
  • Meningkatkan kemampuan para teknisi dan analis data untuk menanggapi masalah bisnis melalui penyediaan self-service
  • Memenuhi tujuan strategis untuk “berpindah ke cloud” demi mengurangi rekam jejak data center yang dimiliki perusahaan.

“Kami menggunakan Cloudera Enterprise pada AWS untuk merekam dan memproses ribuan peristiwa penting pada skala kami guna menyediakan klien perbankan kami dengan wawasan unik terkait para pelanggan mereka yang mendorong pertumbuhan pendapatan,” kata Kaushik Deka, chief technology officer and director of engineering, Novantas.

Menurut Gartner Survey Analysis, Adopsi Cloud Lintas Industri Vertikal Menunjukkan Lebih Banyak Persamaan Daripada Perbedaan, yang dirilis pada bulan Februari 2015, pembelanjaan TI di cloud publik berkembang pada CAGR tahun ke-lima sebanyak 18% hingga 2018, yang merupakan bukti tambahan bahwa pembelanjaan cloud jauh melampaui pembelanjaan IT dengan tidak menunjukkan tanda-tanda perlambatan. Cloudera senantiasa mendorong keberhasilan pelanggan pada cloud dengan menghadirkan analitik big data yang siap produksi yang dioptimalkan untuk dijalankan di seluruh lingkungan TI modern.

Tags: , , , ,


COMMENTS