March 31, 2016

Janjikan Layar yang Ramah Mata, Advan Luncurkan Tabet i7 Berteknologi eyePRO

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Janjikan Layar yang Ramah Mata, Advan Luncurkan Tabet i7 Berteknologi eyePRO  

MOBITEKNO – Sebagai produsen tablet lokal terbesar di Tanah Air, Advan bukan hanya peduli menjual produknya dengan hanya terjangkau di kisaran harga setujaan. Hal ini dibuktikan mereka saat meluncurkan Advan i7 sebagai tablet 7 inci lokal pertama yang dilengkapi dengan teknologi perlindungan mata (eye protection) yang disebutnya eyePRO.

Menurut Tjandra Lianto, Marketing Director Advan, di Jakarta, Selasa lalu (29/3/2016), Advan i7 lebih ramah terhadap mata pengguna dibandingkan tablet pada umumnya karena mampu mereduksi radiasi sinar biru yang diketahui berpengaruh buruk terhadap .

"Tablet ini mengusung teknologi nano light filter yang kami sebut eyePRO untuk mereduksi sinar biru hingga 40%," kata Tjandra Lianto. Menurut definisi Advan, teknologi hardware eyePRO diimplementasikan dengan memberi lapisan nano optical film di bawah layar untuk mengurangi radiasi sinar biru hingga 40%.

Berbeda dengan solusi software memakai bantuan tool atau aplikasi khusus, tablet pengguna tablet i7 yang umumnya anak-anak sudah langsung bisa menikmati teknologi hardware eyePRO tanpa harus meng-install dan mengkonfigurasikannya terlebih dulu.

Dampak positifnya, mata pengguna bukan hanya tidak mudah lelah saat memakai tablet dalam waktu lama, tapi juga meminimalisir berbagai dampak buruk lainnya, seperti gangguan jam biologis tubuh dan sindrom digita eyestrain. Sindrom ini ditandai dengan gejala seperti penglihatan kabur, sulit fokus, mata kering, oiritasi, sakit pada kepala, leher, dan punggung.

Selain bisa menyebabkan kerusakan mata permanen, dampak akumulasi terpaan sinar biru lainnya juga tidak kalah seram. Menurut Tjandra, beberapa risiko lainnya yang dapat berkaitan langsung adalah meningkatkan risiko kanker tertentu, diabetes, jantung, obesitas, hingga depresi.

Sinar biru yang merupakan sinar terjauh yang bisa ditangkap mata manusia (visible light) dengan panjang gelombang (wavelengths) berkisar 400-500 nm juga paling tinggi energinya dibanding dengan sinar yang tampak lainnya.

Dengan segala efek negatif tersebut, Advan pun berinisiatif mengimplementasikan teknologi eyePRO yang bisa mereduksi sinar biru tersebut hingga 40 persen pada tablet Advan i7 terbaru ini. Alasan utama tablet menjadi produk pertama Advan dilengkapi dengan eyePRO ini mengingat penggunanya sebagian besar adalah anak-anak di rentang usia 5 hingga 15 tahun dan pengguna berusia dia atas 45 tahun.

Untuk mengedukasi pengguna akan bahaya radiasi sinar biru ini, Advan akan melakukan berbagai kamanye online dan offline, misalnya dengan sosialisasi di social media dengan hashtag #loveyoureyes.

Advan i7 akan datang dengan spesifikasi prosesor quad core dan GPU Mali 720 dengan layar 7 inci beresolusi 1024×600 pixel, RAM 1GB, dan internal storage 8 GB. Media penyimpanannya bmasih bisa diperluas dengan adanya slot microSD yang mendukung kapasitas 32 GB.

Tablet ini juga telah mendukung penggunaan dual sim card 4G LTE, dual flash kamera belakang 5MP dan kamera depan 2MP, serta baterai 2500 mAh. Menurut Tjandra, penambahan lapisan nano optical film ini hanya menambah biaya produksi sekitar 1 persen saja sehingga harga jualnya pun relatif masih sangat terjangkau, yaitu Rp 1.349.000.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS