December 30, 2016

Raih 3 Juta Lebih Pengguna, Inilah Catatan Change.org di Tahun 2016

Penulis: Eko Lannueardy
Raih 3 Juta Lebih Pengguna, Inilah Catatan Change.org di Tahun 2016  

MOBITEKNO – Change.org, wadah petisi terbesar di dunia maya terus mengalami pertumbuhan pengguna. Sejak didirikan pada Juni 2012, peran serta pengguna Change.org di Indonesia juga meningkat tajam. Awalnya hanya 8 ribu pengguna, kini tercatat lebih dari 3,13 juta pengguna meramaikan Change.org Indonesia.

Lalu, isu dan kemenangan apa saja yang sudah dicapai oleh Change.org selama tahun 2016 ini? Menariknya, pencapaian tersebut tergambar jelas dalam sebuah infografis yang bekerja sama dengan House of Infographics. .

Lewat infografis yang dibuat, setidaknya ada enam kemenangan petisi yang diraih lewat Change.org Indonesia. Diantara enam kemenangan yang cukup ramai dipetisi ini adalah Kusrin Si Perakit TV dan Gloria Paskibraka 2016. Tak hanya, petisi mengenai Tolak Blokir dan Penyelamatan Penyu dan Hiu di Watudodol juga ramai mendapat dukungan.

Change.org Indonesia juga menampilkan informasi mengenai Kategori Terpopuler Berdasarkan Jumlah Tanda Tangan. Polemik Ahok, Toleransi dan HAM merupakan tiga isu menarik selama tahun ini. Polemik Ahok mendapatkan 525.823 tanda tangan. Sedangkan Toleransi dan HAM, masing-masing mendapatkan 298.728 dan 294.960 tanda tangan.

Ada tiga Isu Paling Sering Muncul di Change.org Indonesia, yakni Petisi Bubarkan FPI (15 petisi), Petisi Dukung Ahok (9 petisi) dan Petisi Tolak Ahok (6 petisi). Sedangkan Petisi Terpopuler Berdasarkan Tanda Tangan adalah terkait dengan Cabut Nobel Perdamaian Aung San Suu Kyi, yakni sebanyak 202.477 tanda tangan.

Laporan lainnya, Presiden Jokowi adalah yang Paling Banyak Dipetisi Berdasarkan Jumlah Petisi, yakni 74 Petisi. Posisi kedua adalah Kapolri sebanyak 31 petisi. Sedangkan Kementrian yang Paling Banyak Dipetisi adalah Mendikbud 16 petisi, MenLHK 9 petisi, Menkes 8 petisi dan Menkumham 7 petisi.

 

Tags: , ,


COMMENTS