December 30, 2016

Here dan Mobileye Berkolaborasi Kembangkan Sistem Peta Jalan untuk Mobil Otonom

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Here dan Mobileye Berkolaborasi Kembangkan Sistem Peta Jalan untuk Mobil Otonom  

MOBITEKNO – Here, perusahaan yang bergelut di bidang layanan peta navigasi online (mapping service), baru saja mengumumkan kesepakatannya bermitra dengan Mobileye untuk pengembangan teknologi navigasi untuk mobil otonom (autonomous vehicle).           

Here yang belum lama ini diakuisisi tiga perusahaan otomotif Jerman (Audi, BMW, dan Daimler) dari Nokia senilai US$ 3 miliar, akan mengkontribusikan HD Live map-nya dengan sistem drivable route (rute jalan) di dunia berbasis cloud crowdsource data, yakni Roadbook. 

MobilEye merupakan salah satu pemimpin pasar dalam penyediaan solusi semi-otonom (semi-autonomous) untuk mobil-mobil yang ada di jalanan saat ini, misalnya mobil listrik Tesla (pada fitur AutoPilot). Solusinya, seperti parking assist, pemandu arah (lane departure warning), dan crash avoidance.  Hingga tahun 2016 saja, teknologi Mobileye sudah hadir pada sekitar 237 model mobil dari 20 produsen otomotif.

Kerjasama ini juga akan memberi akses bagi Here untuk mendapatkan data sensor dari mobil yang memakai teknologi Mobileye. Dukungan ini akan membuat pengguna peta (map) akan mendapatkan update map yang lebih cepat sesuai kondisi real-time lalu lintas dan kondisi jalan.

Di sisi lainnya, Mobileye juga akan mendapatkan akses untuk menggunakan Platform Here, yakni  Open Location Platform.
 

Tags: , , , , , , , , ,


COMMENTS