September 30, 2016

Indosat Jadi Operator Seluler Pertama ‘Gratiskan’ Streaming iflix Bagi Pelanggannya

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Indosat Jadi Operator Seluler Pertama ‘Gratiskan’ Streaming iflix Bagi Pelanggannya  

MOBITEKNO – Indosat dan iflix mulai menjalin kerjasamanya pada April 2016 lalu. Sejak itu,  keduanya mulai bergegas merealisasikan berbagai promo layanan streaming ribuan konten video ke pelanggan seluler dan fixed broadband dari operator dengan hampir 70 juta pelanggan tersebut.

Yang terbaru, keduanya baru saja (29/9/2016) mengumumkan kabar baik bagi seluruh pengguna SIM card Indosat IM3 Ooredoo yang doyan nonton film dan serial lokal dan mancanegara lewat smartphone tapi cemas kuota datanya habis seketika.

Kini layanan streamin iflix bisa dinikmati pelanggan Indosat IM3 Ooredoo dengan ‘hati tenang’ karena aktivitas stream iflix tidak akan mengurangi kuota data utamanya. Selain kuota utamanya tidak tersedot, pelanggan Indosat IM3 Ooredoo juga akan dibebaskan biaya berlangganan selama tiga bulan (Rp 39 ribu/bulan) dan setelah masa tiga bulan berakhir, pelanggan cukup membayarnya dengan sistem potong pulsa.

""

Syaratnya mudah saja untuk mendapatkan promo ini. Pengguna Indosat IM3 Ooredoo Indosat dapat memilih paket Freedom Combo (prabayar) atau Super Plan (pascabayar) yang secara otomotis akan mendapat kuota ekstra yang mereka namakan Stream On. Kuota gratis Stream On yang tersedia dijamin cukup memuaskan pengguna yang gemar nonton film dengan samrtphone karena besanya mencapai 10 GB.

Alexander Rusli, Presdir dan CEO Indosat Ooredoo, dalam pengantarnya mengatakan bahwa pelanggan Indosat, berdasarkan pantauan kemarin saja telah mengkomsumsi data untuk aktivitas streaming video hingga 613 Terabyte (TB).

“Ini menjadi pertanda perilaku pelanggan sangat menggemari streaming," tambah Alexander Rusli di Foundry 8, Kawasan SCBD Jakarta (29/9/2016). Untuk itu, sebagai bagian dari kampanye  ‘Freedom 3.0’ terbarunya, Indosat Indosat Ooredoo pun menawarkan kuota ekstra Stream On untuk memberi kebebasan pelanggannya dalam melakukan streaming.

""

Alexander Rusli (Presdir dan CEO Indosat Ooredoo) Alexander Rusli mengumumkan kuota Stream On gratis 10 GB untuk mengakses layanan streaming iflix bagi pelanggan Indosat IM3 Ooredoo.

Sebagai gambaran, dengan kuota data Stream On 10 GB ini, pelanggan Freedom Combo (prabayar) atau Super Plan (pasca bayar) bisa menikmati setidaknya 14 film berdurasi 90 menit (berdasarkan keterangan di website iflix.com).

Jumlah filmnya bisa lebih, bisa juga kurang tergantung kecepatan koneksi Internet saat pelanggan menonton film di iflix. Seperti juga layanan streaming Netflix, Hulu, atau YouTube, Netflix juga menerapakan metode adaptive streaming untuk menghindari efek ‘buffering’ atau tersendatnya tayangan karena koneksi Internet yang menjadi lambat.

"Untuk video (iflix) kami pastikan alirannya tetap cepat. Kalau turun ke 3G dan buffer, aliran tidak akan berhenti, hanya kualitas gambarnya saja yang diturunkan," janji Alex.

Mark Britt, Co-founder Iflix, yang juga hadir dalam acara pelucuran paket kuota ekstra Stream On Indosat IM3 Ooredoo ini  mengatakan bahwa sebagai layanan streaming terkemuka di Asia Tenggara, iflix melihat Indonesia sebagai pasar yang sangat potensial dan besar. 

Kerjasamanya dengan berbagai penyedia layanan Internet, baik kabel broadband dan operator seluler, di Indonesia merupakan strategi utama mereka untuk merangkul sebanyak mungkin pelanggan baru dengan target menjadi penyedia layanan streaming VOD (video on demand) yang terbesar di Indonesia.

Apabila iflix baru bekerjasa sama dengan pihak Telkom untuk layanan kabel Internet broadband IndiHome. Kerjasamanya dengan Indosat Ooredoo sudah meliputi, baik layanan seluler maupun layanan kabel Internet Indosat Ooredoo GIG.

Menarik untuk ditunggu kerjasama iflix dengan penyedia layanan Internet lainnya di Indonesia. Penunjukkan David Goldstein sebagai Head of Asia iflix pada bulan April lalu tampaknya menjadi salah satu langkah iflix untuk mempercepat pertumbuhannya bisnisnya di Asia.

David Goldstein dengan pengalaman lebih dari 20 tahunnya di industri media, pay TV, telekomunikasi dan IT bakal menjadi amunisi ekstra bagi iflix dalam memperluas kerjasamanya dengan berbagai pihak di industri terkait, termasuk memperbanyak koleksi konten iflix yang dianggap masih belum selengkap Netflix.

""

Alexander Rusli (Presdir dan CEO Indosat Ooredoo) dan Mark Britt (Co-founder dan CEO iflix) melakukan aksi selfie bersama hadirin saat peluncuran paket Stream On Indosat di Jakarta (29/9/2016).

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS