August 30, 2016

Review WD My Book Pro 8 TB: Kapasitas Ekstra Tetapi tidak Perlu Repot

Penulis: Desmal Andi
Review WD My Book Pro 8 TB: Kapasitas Ekstra Tetapi tidak Perlu Repot  

MOBITEKNO – WD My Book Pro merupakan salah satu produk besutan Western Digital yang dibuat untuk memudahkan pengguna PC dan Mac dala meningkatkan kapasitas storage-nya tanpa harus ribet. Dengan desain yang kompak, memiliki WD My Book seperti menggunakan hard disk eksternal kebanyakan.

Kemudahan dari WD My Book Pro memang sudah terlihat dari system koneksinya. Hanya melalui kabel USB dan Thunderbolt, storage di perangkat PC atau Mac Anda dapat bertambah sebesar 8 TB dengan pembagian dua hard disk berkapasitas masing-masing 4 TB.

Selain kemudahan dalam hal konesi ke PC, notebook, atau Mac, WD My Book Pro 8 TB ini juga memiliki bobot tidak terlalu berat. Dengan demikian, perangkat ini pun mudah dipindah-pindah menyesuaikan dengan berbagai perangkat lain yang ada di sekitarnya. Untuk lebih jelasnya, ikuti ulasan dari Mobitekno berikut ini.

Kelengkapan

Dengan boks berwarna dominan biru dan putiih, WD My Book Pro 8 TB dikemas cukup rapih dan padat. Dalam boksnya, unit WD My Book Pro 8 TB berdampingan dengan satu kotak berisikan aksesori pendukung perangkat ini. Berikut isi dari paket WD My Book Pro 8 TB.

  1. Perangkat WD My Book Pro.
  2. Dua buah Hard Disk berkapasitas masing-masing 4 TB.
  3. Satu kabel konektor USB.
  4. Satu kabel konektor.
  5. Satu Adaptor AC to DC.
  6. Lima konektor AC.
  7. Buku Petunjuk sederhana.
  8. Kartu Garansi.

Desain

Seperti yang sudah diinformasikan di halaman depan, WD My Book Pro ini memiliki desain yang kompak. Ukuran keseluruhan sisinya adalah 10,8 cm (lebar), 21,6 cm (panjang), dan 14,7 cm (tinggi). Bagian depannya yang memiliki 2 bay untuk hard disk dibalut dengan warna hitam. Sementara sisi lainnya berwarna abu-abu.

 

Di bagian depan, setiap sudutnya dibuat melengkung untuk mempermanis tammpilan WD My Book Pro. Namun, berbeda dengan bagian belakang. Sudutnya tetap dibuat agak tajam.

Untuk dua bay yang ada di perangkat ini, akses untuk memasukkan hard disk diberi lubang atau kisi-kisi agar aliran udara bisa masuk ke dalam perangkat sehingga dapat berfungsi sebagai pendingin. Pada pintu bay ini juga memiliki pengunci yang mudah dilepas oleh satu jari sekalipun. Cukup tarik tuas pengunci, pintu akan terbuka, dan hard disk akan sedikit terdorong keluar karena adanya pegas di dalamnya. Selanjutnya, Anda tinggal cabut hard disk untuk melepaskannya dari unit WD My Book Pro.

Fitur & Performa

Di bagian depan, selain terdapat dua bay untuk hard disk, di sisi bawahnya terdapat dua port USB 3.0 yang tentunya memiliki transfer rate yang tinggi. Melalui port USB ini, berbagai gadget lain, seperti smartphone, tablet, atau kamera bisa dihubungkan ke WD My Book Pro.

Di bawah masing-masing bay terdapat lampu LED sebagai indikator untuk kerja hard disk. Tombol power berada di atas kiri dengan ukuran yang pas dengan sentuhan jari-jari Anda. Logo My Book Pro sendiri tercetak jelas di pojok kiri atas.

Untuk sistem koneksinya sendiri, semua diletakkan di bagian belakang. Dua buah port Thunderbolt 2 diletakkan segaris vertikal dengan port USB. Port Thunderbolt 2 ini juga kompatibel dengan Thunderbolt 1 sebelumnya. Kabel Thunderbolt ini memiliki kemampuan transfer data hingga 20 GB/detik.

Di bagian atas, terdapat juga tombol reset yang berguna saat hard disk mengalami masalah. Sementara disampingnya terdapat akses kensington key untuk mengamankan perangkat ini dengan kabel kunci Kensington.

Sebuah kipas berukuran standar juga terdapat di bagian belakang yang berfungsi untuk mendinginkan panas yang berada di dalam WD My Book Pro, walaupun perangkat ini cukup dingin saat digunakan. Untuk meredam getaran dari putaran cakram hard disk, Di bagian bawah terdapat empat karret yang berfungsi sebagai kaki plus peredam getaran.

Dua buah hard disk SATA berkecepatan 7.200 rpm bisa diletakkan ke dalam dua bay WD my Book Pro. Kedua hard disk ini bisa dikonfigurasi sebagai RAID 0 (default) yang akan menyatukan dua hard disk dalam satu drive atau RAID 1 yang membuat satu hard disk berfungsi sebagai media backup (mirror). Satu opsi lagi adalah JBOD yang membuat setiap hard disk berfungsi dalam satu drive seperti kapasitas yang ada di hard disk tersebut.

Untuk konfigurasi kedua hard disk tersebut, dibutuhkan satu aplikasi yang bisa di-download gratis dari website WD. Jalankan aplikasi WD Drive utilities untuk mengatur dan melihat hasil konfigurasi. Di aplikasi ini, Anda juga bisa mengatur waktu hidup hard disk (sleep timer) dan melakukan format total untuk masing-masing hard disk.

 

PERFORMA

Untuk kinerjanya sendiri, dalam kondisi RAID 0, Mobitekno menggunakan HD Tune Pro 5.60, AJA System Test 2.1, dan HD Speed 1.7.

Spesifikasi

WD My Book Pro 8 TB ini didesain agar para pengguna PC dan Mac bisa menambah kapasitas hard disk dengan lebih mudah. Berikut ini spesifikasi yang ada pada WD my Book Pro 8 TB

Dimensi 10,8 cm x 21,6 cm x 14,7 cm
Hard Disk Type 3,5 inci
Port USB 3.0, Thunderbolt 2
OS Windows 8.1 ke atas dan Mac OS 10.8.5
Sistem Hard Disk RAID 0, RAID 1, JBOD

Kesimpulan

Dengan adanya WD My Book Pro 8 TB ini, tidak ada kata kekurangan lagi untuk tempat penyimpanan berbagai file, baik untuk PC, Mac, atau Notebook. Dengan dua buah hard disk berkapasitas masing-masing 4 TB, tentunya membuat kapasitas total yang Anda miliki menjadi lebih maksimal.

Kemudahan menjadi kunci utama dalam produk ini. Mulai dari pemasangan hard disk hingga pengaturan sistem hard disk agar dikenal oleh sistem operasi sangat mudah dikerjakan. Melalui aplikasi yang sudah disediakan Western Digital, konsumen bisa melakukan berbagai konfigurasi, termasuk menggunakan timer untuk proses pengaktifan hard disk secara otomatis.

Kemudahan lainnya adalah penggunaan koneksi USB 3.0 dan Thunderbolt 2 untuk mengakses WD My Book Pro 8 TB ini dari PC maupun notebook. Cukup nyalakan WD My Book Pro dan colokkan kabel ke port USB 3.0 atau Thunderbolt 2, drive dari My Book Pro akan terlihat. Untuk pengguna Windows 8.1 ke atas, perangkat ini sudah langsung dikenal oleh sistem operasi secara otomatis.

Tags: , , , ,


COMMENTS