June 30, 2016

General Motors Ajukan Paten Baru Untuk Tingkatkan Performa

Penulis: Abdillah
General Motors Ajukan Paten Baru Untuk Tingkatkan Performa  

MOBITEKNO – Turbocharger modern mungkin menjadi salah satu hal terbaik yang pernah dibuat di industri mobil. Namun, bagi para ahli mesin, performa tetap menjadi fokus yang akan selalu mereka ditingkatkan. Oleh karena itu, General Motors (GM) telah mengajukan paten baru untuk mengurangi beberapa aspek negatif dari setup two-stage turbocharger, yaitu sistem untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi CO2 tanpa mengorbankan kinerja.

Dalam paten baru yang diajukan GM pada 19 Mei 2016 lalu, sistem memungkinkan mesin, unit empat silinder, untuk mengoptimalkan inlet tekanan rendah dan tekanan tinggi untuk fungsi masing-masing. Sesuai dengan pengajuan, dalam setup konvensional two-stage turbocharger didesain agar kedua turbin beroperasi secara bersamaan pada kecepatan mesin rendah dan menengah. Sedangkan pada kecepatan mesin tinggi, yang bekerja hanya turbin bertekanan rendah. Masalah yang ada di desain ini adalah ketidakmampuan untuk benar-benar mengisolasi sisi tekanan rendah atau tinggi, yang dapat mengganggu kinerja rendah.

Mengutip Autoblog, setup two-stage turbocharger terbaru dari GM dapat menghilangkan kelemahan dari setup konvensional tersebut. Caranya, dengan menghubungkan turbo tekanan tinggi ke exhaust manifold melalui inlet duct tekanan tinggi. Sedangkan turbo tekanan rendah telah dilekatkan pada turbo tekanan tinggi oleh inlet duct tekanan rendah yang terkoneksi dengan saluran penghubung. Sebuah actuator tunggal yang ada di exhaust manifold akan menciptakan saluran alternatif yang dapat membuka inlet tekanan tinggi dan menutup saluran penghubung, atau sebaliknya.

Tergantung pada beban mesin dan kecepatan, ECU (engine control unit) akan mengarahkan actuator untuk mengisolasi salah satu dari dua turbo. Hadil isolasi turbo memungkinkan setiap inlet untuk didesain dan dibangun agar bisa mendapatkan performa fluid dynamic terbaik. Setup ini akan meningkatkan kinerja dan mengurangi lag.

Meski belum ada pernyataan resmi, kemungkinan besar sistem baru ini akan digunakan pada kendaraan premium terlebih dahulu. Selanjutnya, baru di seluruh kendaraan buata GM.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS