January 30, 2016

Google My Tracks Tidak Tersedia Lagi Setelah 30 April 2016

Penulis: Desmal Andi
Google My Tracks Tidak Tersedia Lagi Setelah 30 April 2016  

MOBITEKNO – Aplikasi Fitness Tracking yang sering digunakan para pengguna smartphone untuk mencatat rute, kecepatan, jarak, dan elevasi saat melakukan olahraga lari atau bersepeda ini tidak akan dikembangkan lebih lanjut lagi oleh pengembangnya. Seperti yang dilansir Digital Trends, aplikasi ini akan mengundurkan diri setelah tanggal 30 April 2016. Informasi ini dapat juga dilihat dari halaman Support Google.

Tidak dijelaskan alasan dibalik berhentinya Google My Tracks, tetapi Google sudah memberikan pernyataan terkait hal ini. “Kami meminta maaf atas ketidaknyamanan ini terhadap pengguna My Tracks,” ujar Google. “Kami telah membuat keputusan sulit agar bisa berinvestasi di proyek lainnya yang lebih luas jangkauannya. Kami membantu untuk melakukan proses pemindahan data ke aplikasi lainnya agar pengguna bisa melanjutkan aktivitas olahraga mereka,” ujar Google dalam pernyataannya.

Data para pengguna Google My Tracks dapat dipindahkan ke Google Drive atau storage eksternal lainnya ddengan berbagai format agar bisa digunakan lebih lanjut. Google juga menyarankan untuk menggunakan aplikasi lainnya yang kompatibel seperti Google Fit, Strava, Endomondo, Map My Run, Map My Hike, GPD Logger for Android, dan GPX Viewer. Petunjuk untuk memindahkan data di My Tracks diberikan Google dalam halaman Google Support.

Seperti dilansir Digital Trends, aplikasi Google My Tracks di Google Play Store memiliki 10-50 juta download. Akan tetapi, jika dibandingkan dengan aplikasi Google lainnya, jumlah download ini masih kalah jauh, seperti dengan YouTube, Gmail, Google Books, Chrome, bahkan Google+.

Tags: , , ,


COMMENTS