December 29, 2016

Tetap Optimal di Liburan Akhir Tahun, XL Tingkatkan Kapasitas Jaringannya

Penulis: Eko Lannueardy
Tetap Optimal di Liburan Akhir Tahun, XL Tingkatkan Kapasitas Jaringannya  

MOBITEKNO – Kemungkinan besar pada libur akhir tahun trafik telekomunikasi akan melonjak. Untuk itulah, sejumlah operator telekomunikasi telah meningkatkan kapasitas jaringan yang dimilikinya, tak terkecuali PT XL Axiata (XL). 

Lewat situs resminya, Direktur/Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya menegaskan bahwa libur panjang akhir tahun ada tiga momen yang dijalani oleh masyarakat di Indonesia, yakni libur anak sekolah, Natal dan Tahun Baru.

"Biasanya, libur panjang diakhir tahun akan dipenuhi dengan beragam aktifitas yang tinggi di masyarakat. Mulai dari berbagi foto liburan hingga memberi ucapan. Hal ini, intensitasnya akan lebih tinggi," ujar Yessie.

Ditambahkan oleh Yessie, untuk itulah XL agar memastikan bahwa pelanggannya bisa berbagi kebahagiaan lebih lancar dengan koneksi yang cepat dan stabil.

Penggunaan jaringan XL untuk layanan internet pada Hari Natal  lebih dari 2.500 TB per hari. Hingga akhir tahun ini, kapasitas jaringan yang disediakan oleh XL telah ditingkatkan hingga 3 kali lipat khususnya menampung lonjakan trafik di periode tertentu.

"Peningkatan kapasitas menjelang Hari Natal hingga Tahun Baru, terutama dipusatkan pada titik-titik keramaian seperti lokasi-lokasi wisata dan perbelanjaan. Hingga saat ini semua layanan berjalan dengan normal hampir tidak ada kendala yang berarti," tambah Yessie. 

Jika dibandingkan trafik Hari Natal tahun sebelumnya, tahun ini sempat terjadi kenaikan trafik untuk akses Data dan internet sebesar 174% saat Hari Natal hingga sehari setelahnya. 

Kenaikan trafik dalam rangka Natal ini juga terjadi antara lain di beberapa area yang memiliki komunitas umat Kristiani cukup besar seperti di Sumatera Utara dan Sulawesi Utara.

XL memiliki jaringan telekomunikasi dan internet cepat yang ditopang oleh lebih dari 81 ribu BTS, sebanyak lebih dari 7 ribuan di antaranya BTS 4G. 

Jaringan tulang punggung Fiber Optic milik XL mencapai lebih dari 40 ribu km, yang menghubungkan hampir semua pulau besar di Indonesia. Sebanyak 89 kota telah terlayani oleh 4G LTE, dan lebih dari 350 kabupaten/kota terlayani jaringan 3G dengan frekuensi 900 MHz.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS