November 29, 2016

Tim Bumi Siliwangi Akan Kunjungi Markas Ferrari di Maranello

Penulis: Desmal Andi
Tim Bumi Siliwangi Akan Kunjungi Markas Ferrari di Maranello  

MOBITEKNO – Setelah menyabet gelar juara di Shell Eco-Marathon Driver’s World Championship di London pada bulan Juli 2016 lalu, tim Bumi Siliwangi berikut dengan mobil elektrik terbaru buatannya diberi kesempatan untuk mengenal seluk beluk pembuatan mobil balap Ferrari di markas Ferrari, Maranello, Italia. Kesempatan kunjungan ini merupakan salah satu bentuk hadiah kemenangan tim tersebut pada Juli lalu.

Kunjungan ke Maranello ini akan dilaksanakan pada tanggal 4-9 Desember 2016. Mereka juga akan melakukan kunjunag ke Red Campus, sebuah ruang kelas yang didekasikan untuk kegiatan workshop teknik, pemasaran, dan pengembangan tim di Museum Ferrari (Museo Farrari). tim juga akan mendengarkan paparan mengenai proses pembuatan mobil Ferrari oleh Tim Scuderia Ferrari Formula 1 Team, mengunjungi pabrik Ferrari dan  mendapatkan penjelasan mengenai kerjasama teknis antara Ferrari dan Shell. Dalam kesempatan itu, tim juga  berkesempatan menguji mobil baterai elektrik  terbaru mereka di lintasan balap Fiorano Circuit milik Ferarri.

”Kami ikut senang dan bangga atas apresiasi yang diberikan oleh Ferrari kepada tim Bumi Siliwangi. Mereka telah menunjukkan kemampuan dalam memberikan alternatif solusi energi masa depan,” ujar Darwin Silalahi, Presiden Direktur PT Shell Indonesia. “Kampanye ‘Make the Future’ yang kami luncurkan tahun ini memang bertujuan untuk mendorong kreatifitas dan inovasi anak-anak muda di seluruh dunia, termasuk di Indonesia untuk berupaya bersama-sama menjawab tantangan energi masa depan,” tambah Darwin.

Dengan kunjungan ini, dari pihak Shell Eco-Marathon berharap tim bisa mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru seputar produksi mobil balap. Dengan begitu, tim bisa menciptakan mobil yang lebih baik untuk balapan SEM Asia di tahun 2017 yang akan berlangsung di Singapura.

“Kami akan memanfaatkan kesempatan langka dan berharga ini untuk banyak menggali pengetahuan mengenai bagaimana memadukan  keindahan, kecepatan dan sekaligus efisiensi untuk sebuah mobil masa depan. Harapan kami, apa yang akan kami dapat di Italia nanti dapat bermanfaat untuk rancangan mobil kami selanjutnya,” kata Amin Sobirin, Tim Manager Bumi Siliwangi.

Amin menjelaskan bahwa pihaknya telah mempersiapkan sebuah mobil baru untuk dibawa ke Italia nanti. Mobil yang diberi nama Turangga Cheta Ev4 ini merupakan mobil generasi baru buatan Tim Bumi Siliwangi yang memiliki desain rangka dan bodi baru yang berbeda dengan  mobil generasi sebelumnya Turangga Cheta Ev3. Mobil baru ini memiliki bobot lebih ringan yaitu hanya 80 kilogram (Kg) saja dibandingkan Turangga Cheta Ev3 yang bobotnya mencapai 100 Kg. Bodi mobil generasi baru ini lebih ringan karena terbuat dari material Full composite.

Sebelum dibawa ke Maranello, Italia, Turangga Cheta Ev4  juga telah diuji coba di Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE) 2016, yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi di Yogyakarta pada awal November  2016 lalu.

Tags: , , , ,


COMMENTS