November 29, 2016

Tak hanya Spesifikasi Tinggi, Ini Juga Jadi Daya Tarik LG V20. Apa Saja?

Penulis: Eko Lannueardy
Tak hanya Spesifikasi Tinggi, Ini Juga Jadi Daya Tarik LG V20. Apa Saja?  

MOBITEKNO – Smartphone premium terbaru racikan LG, LG V20 sepertinya benar-benar mendapat tempat di hati para pecinta gadget di Indonesia. Terbukti, penawaran pre-order pertamanya laku keras dan akhirnya, LG membuka kembali pre-order kedua yang berlangsung sejak tanggal 28 November hingga 4 Desember 2016.

Lalu, selain spesifikasi yang mumpuni, apalagi daya tarik lainnya yang menjadikan smartphone ini laku keras di Indonesia? Lewat informasi resmi yang dirilis oleh LG Mobile Indonesia via jejaring sosialnya, LG V20 memang ditanam beragam fitur menarik seperti 32-bit Hi-Fi Quad DAC.

Menanamkan kemampuan Quad DAC dalam LG V20 ini dimungkinkan oleh keberadaan ES9218 SABRE HiFi System-On-Chip besutan ESS Technology sebagai pabrikan audio yang dikenal luas salah satunya melalui produk DAC-nya. Chip ini dikembangkan dengan kemampuan mengintegrasikan 32-bit stereo Quad DAC, memberikan kekuatan amplifier headphone dan gangguan noise yang jauh lebih rendah. 

Untuk mendukung kemampuan perangkat keras (hardware) ini dalam memperdengarkan kualitas audio resolusi tinggi dengan optimal, LG menggandeng pabrikan audio B&O Play dalam pengaturan (tuning) keluaran audio LG V20. Tak berhenti disana, LG bahkan melengkapi LG V20 dengan earphone khusus hasil kolaborasi dengan B&O Play.

Kemampuannya dalam menangani berkas audio dalam resolusi tinggi tak cuma dalam hal memainkannya. LG V20 pun memiliki kemampuan perekaman audio dalam resolusi tinggi melalui keberadaan HD Audio Recorder. Fitur ini membuat penggunanya memiliki kemampuan menangkap audio dalam kualitas studio dengan rentang frekuensi lebih dinamis melalui tiga mikropon AOP. 

Didukung Snapdragon 820 dengan X12 LTE, LG V20 memperkenalkan Steady Record 2.0 dengan memanfaatkan teknologi Electronics Image Stabilization (EIS) 3.0 dari Qualcomm Technologies. Selain membuat pengguna mampu merekam gambar dengan ketajaman baik, teknologi ini sekaligus menekan efek distorsi dari goncangan yang mungkin terjadi saat pengambilan gambar. 

EIS yang berbasis gyro ini juga meningkatkan akurasi sinkronisasi antara gambar dan gyro dengan mengurangi latency sampai hanya 50 milidetik. Kerja EIS ini berkolaborasi dengan Digital Image Stabilization (DIS) yang meningkatkan kualitas gambar pasca proses pengolahan dengan menyesuaikan objek dalam frame dan meminimalkan distorsi yang terjadi dari perpindahan gerakan halus.

""

LG V20 juga memiliki kemampuan rekam video dalam kualitas Hi-Fi dan memiliki pengaturan manual untuk kualitas audio lebih baik dengan berbagai opsi. Termasuk dalam opsi ini, yaitu Low Cut Filter (LCF) yang menanggalkan noise yang tak diinginkan dari lingkungan sekitar saat perekaman dan Limiter (LMT) yang dapat mengatur jauhnya jarak perekaman.

Second Screen berwujud layar kedua yang berdimensi lebih kecil dan popular sejak diperkenalkan melalui LG V10 pun bakal memperkuat keunggulan LG V20. Ide dasar dari second sceeen ini, melalui keberadaan layar kecil yang terletak diatas layar utama, pengguna dapat melihat notifikasi dengan mudah.  

Pada LG V20, pengembangannya ada pada tingkat kecerahan yang dua kali lebih tinggi dan font yang 50% lebih besar dibanding generasi pendahulunya. Selain itu, dengan fitur Expandable Notifications, pengguna dapat memperbesar notifikasi yang datang untuk melihat pesan lebih panjang dan mengirimkan balasan atau membaginya kepada rekan lain lebih cepat.

Tak kalah menarik, LG juga melengkapi V20 dengan LG UX5.0+ ini hadir sekaligus menjadi antarmuka smartphone pertama di dunia yang menjalankan Android 7.0 Nougat. Dikatakan antar muka ini memberikan kemudahan lebih bagi pengguna untuk mengakses fungsi multimedia sesuai kebutuhannya.

LG V20 juga memiliki multi-window untuk menampilkan dua aplikasi pada satu layar yang memungkinkan pengguna untuk memindahkan teks, gambar dan berkas dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Kombinasi kemampuan ini dengan layar utama IPS Quantum Display 5,7 inci memberikan kapabilitas multitasking lebih baik.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS