November 29, 2016

Bukalapak Gelar Kopdar Akbar, Dorong UKM Indonesia Go-Digital

Penulis: Karyo
Bukalapak Gelar Kopdar Akbar, Dorong UKM Indonesia Go-Digital  

MOBITEKNO – Bukalapak, sebagai salah satu pelaku e-Commerce di Indonesia, yang menghimpun jutaan pelaku UKM di Indonesia, baru saja mengadakan kopi darat (Kopdar) Akbar perdana pada tahun ini. 

Kopdar Akbar ini merupakan peningkatan dari Kopdar yang biasanya hanya dilakukan oleh para komunitas pelapak di daeranya masing-masing. Di acara ini Bukalapak mengadakan pertemuan komunitas pelapak dalam sekala yang lebih luas secara nasional. 

Acara yang merupakan ajang pertemuan, untuk berbagi informasi serta pengalaman bagi para pelapak ini diikuti oleh ratusan pelapak dan komunitas yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

"Kegiatan kopdar sebenarnya sudah jadi agenda rutin komunitas Bukalapak di setiap daerah. Bahkan dalam seminggu bisa ada 8 hingga 10 kopdar," ujar ungkap Achmad Zaky, Founder dan CEO Bukalapak , di Jakarta, Senin (28/11/2016).

Ditambahkan oleh Zaky, kegiatan Kopdar Akbar menjadi acara puncak tahun ini dari kopdar-kopdar yang biasa diadakan di sejumlah kota di Indonesia. 

Lewat acara kopdar akbar ini, Bukalapak ingin memberi kesempatan kepada anggota komunitas untuk bertukar infornmasi dan belajar dalam menjalankan bisnisnya di Bukapalak. 

"Harapannya, acara ini tak sekadar menjadi ajang pertemuan belaka, tetapi juga bisa menjadi sarana bertukar ilmu dan informasi serta menjadi sarana mendekatkan dan membangun jaringan antarkomunitas pelapak di berbagai daerah," tambah Zaky.

""

Pelapak yang sebagian besar merupakan UKM ini juga diharapkan akan lebih meningkatkan kemampuan dan kualitas sebagai UKM yang Go Digital serta mampu bersaing dikancah global. 

"Bukalapak ada karena UKM. Jadi, kalau UKM maju, nanti Bukalapak juga akan ikut maju. Bukalapak bersama UKM Indonesia secara bersama-sama bisa berkontribusi dalam mewujudkan Indonesia sebagai negara ekonomi digital terbesar se-Asia Tenggara," pungkas Zaky. 

Senada dengan Zaky, Head of Community Management Bukapalak Muhammad Fikri, acara tersebut diharapkan  bisa menjadi ajang sharing, caring, sekaligus networking bagi pelapak dan komunitas. 

Pertumbuhan komunitas pelapak di Bukalapak sendiri menurut Fikri terbilang cukup pesat. Fikri mengatakan, pada awal tahun hanya ada 15 komunitas yang terbentuk, namun kini sudah ada 81 komunitas yang tersebar di 75 kota di seluruh Indonesia.

Melalui Kopdar Akbar ini, Bukalapak juga mengadakan beberapa rangkaian acara seperti seminar dan workshop bertema "Peluang untuk Tantangan Bisnis Online UKM Indonesia".

Selain Zaky, pembicara lainnya yang hadir di acara ini adalah Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Founder dan Pembina UKM Center Universitas Indonesia Dr. Nining I. Susilo.
 
Terus berkembang, saat ini jumlah pelapak di Bukalapak mencapai 1,2 juta. Menurut Zaky, diharapkan pada tahun depan jumlahnya menjadi 2 juta pelapak.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS