September 29, 2016

Hati-Hati! Ada Tawaran Jailbreak iOS Palsu yang Membawa Nama TaiG

Penulis: Desmal Andi
Hati-Hati! Ada Tawaran Jailbreak iOS Palsu yang Membawa Nama TaiG  

MOBITEKNO – Setiap sistem operasi dari Apple hadir di publik, biasanya saat itu juga banyak orang mencari file Jailbreaknya untuk membuat peranngkat iPhone lebih leluasa dalam menampung aplikasi. Dengan sistem operasi yang sudah di Jailbreak, pengguna iPhone bisa mendapatkan lebih banyak aplikasi, termasuk aplikasi yang tidak mendapatkan sertifikasi dari Apple.

Namun, aktifitas Jailbreak memiliki risiko keamanan yang cukup tinggi. Bahkan, baru-baru ini Symantec mendapatkan adanya kasus penipuan dalam file Jailbreak yang mengatasnamakan TaiG. Pada kasus penipuan ini, para penipu mengaku memiliki beta untuk Jailbreak iOS 9.2.1, sebuah varian terbaru dari sistem operasi iOS.

Jika pengguna iOS mengeksekusi file tersebut, mereka akan diarahkan ke berbagai alamat sehingga bisa tersesat. Selain itu, di dalamnya juga akan ditawarkan berbagai donasi. Setelah tombol diklik di langkah terakhir, pengguna berharap dapat memasang aplikasi Cydia, namun nyatanya halaman tersebut menyajikan sebuah profil konfigurasi iOS. Ketika memeriksa profil tersebut, kami melihat bahwa itu ditandatangani dengan COMODO CA dan sehingga dipercayai oleh default pada perangkat tersebut. Profile tersebut terdiri dari sebuah klip web, yang menempatkan shortcut ke sebuah website pada home screen pengguna, namun dapat menipu pengguna untuk berpikir bahwa itu sebuah aplikasi.

Selain itu, peluncuran shortcut mengarahkan pengguna ke URL yang dikonfigurasi dalam profil, yang merupakan toko aplikasi pihak ketiga yang dihost oleh TaiG9, sebuah domain palsu. Situs ini menawarkan akses ke paket "freemium" dari toko aplikasi jika donasi dibuat. Menariknya, paket freemium dari situs tersebut dapat diakses tanpa harus melakukan donasi.

""

Jika seorang pengguna berusaha untuk memamasang aplikasi Cydia dari toko ini, profil konfigurasi iOS yang lain ditampilkan, yang membuat shortcut pada home screen, kali ini menghubungkan ke halaman web Cydia yang palsu.

Mengapa pengguna iOS perlu waspada? Ternyata solusi palsu ini mendominasi hasil teratas pada pencarian Google. Para penipu ini menggunakan nama Jailbreaking yang terkenal untuk menipu pengguna. Symantec sendiri tidak merekomendasikan pengguna iOS untuk melakukan Jailbreak.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS