September 29, 2016

Buka Portal Otomotif Oto.com di Indonesia, Girnar Software dan Emtek Andalkan Teknologi VR

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Buka Portal Otomotif Oto.com di Indonesia, Girnar Software dan Emtek Andalkan Teknologi VR  

MOBITEKNO – Girnar Software Private Limited, perusahaan iklan baris otomotif online Asia, melalui anak perusahaannya, CarBay Pte Ltd., resmi masuk ke Indonesia dengan menggandeng PT Kreatif Media Karya (KMK Online), anak perusahaan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek), salah satu perusahaan media dan konten terdepan di Indonesia untuk menghadirkan portal otomotif ‘Oto.com’.

Girnar Software selama ini dikenal sebagai pengelola portal otomotif besar di India, seperti CarDekho.com, Gaadi.com, Zigwheels.com, BikeDekho.com dan PriceDekho.com. Perusahaan itu adalah pelopor dalam memperkenalkan portal khusus, seperti, TyreDekho.com dan TrucksDekho.com.

Dalam kerjasama patungan ini, CarBay akan memiliki 70 persen saham dan KMK Online memiliki 30 persen saham. Fokus keduanya adalah ‘merombak’ tatanan industri iklan baris otomotif di Indonesia, yang selama ini terfragmentasi. Caranya dengan memberdayakan konsumen dan penyalur otomotif melalui sarana dan teknologi terkini.

Realisasi kerjasama dimulai dengan menghadirkan ‘Oto.com’ sebagai portal otomotif yang yang menghubungkan konsumen dengan perusahaan otomotif dan penyalur. Portal ini juga menyediakan fitur pencarian harga, spesifikasi, fitur, gambar, ulasan, dan hasil uji jalan dari berbagai model kendaraan.

""

Portal Oto.com akan menambah meramaikan peta persaingan porta otomotif di Indonesia yang saat ini sudah dihuni oleh Carmudi, Mobil123, dan iCarAsia.

Oto.com juga memberi keleluasaan bagi pengguna untuk membandingkan model kendaraan, serta menyediakan informasi terkini tentang model mobil/motor terbaru, perubahan harga, dan berbagai update dari industri otomotif.

Mohit Yadav, CEO Oto.com, menyampaikan optimismenya saat peluncruan Oto.com hari ini (28/9/2016). “Kami senang berkolaborasi dengan Emtek. Kehadiran Emtek akan mempertegas posisi kami dan memperluas basis pemirsa kami,” ujar Mohit.

“Dengan keahlian teknologi kami dan jaringan luas Emtek, kami yakin bahwa Oto.com akan memimpin pasar portal otomotif di Indonesia.”

Salah satu produk andalan Oto.com adalah aplikasi mobile yang bernama sama untuk perangkat iOS dan Android. Aplikasi Oto.com menawarkan cara inovatif untuk membeli mobil, perbandingan mobil (200 parameter), daftar dealer mobil ( 3000 dealer), mengetahui spesifikasi mobil (600 model, 1200 varian), dan informasi diskon dan promo.

Fitur lainnya yang tidak kalah menarik adalah fasilitas melihat ‘langsung’ mobil dengan bantuan teknologi VR (Virtual realilty). Menurut Mohit, hadirnya teknologi VR dalam aplikasi mereka merupakan fitur eksklusif yang diklaim hanya dimilki Oto.com.

Dengan fitur bernama ‘Feel The Car’ ini, pengguna dapat melihat mobil bagian luar hingga dalam kabin dengan kualitas gambar HD. Experience ‘melihat’ mobil dengan dukungan teknologi VR diharapkan tidak kalah ‘real’ dan menarik bagi konsumen yang belum sempat melihat mobilnya secara langsung.

""

Adi Sariaatmadja, Presidir KMK Online, dalam sambutannya mengatakan, “menyediakan platform intuitif untuk melayani kebutuhan konsumen Indonesia akan informasi otomotif sangatlah penting. Oto.com menyediakan fasilitas penelusuran banyak konten, misalnya jenis kendaraan di Indonesia, untuk memilih kendaraan tepat dan sesuai memenuhi kebutuhan mereka.” 

“Alat pencarian kendaraan revolusioner ini adalah langkah besar menuju ekosistem iklan baris otomotif di Indonesia,” tambahnya.

Menurut Mohit, keputusan Girnar masuk ke Indonesia dilandasi oleh iklim pasarnya yang menarik dan tingginya penetrasi Internet serta smartphone. Produk domestik bruto (PDB) masyarakat kelas menangah yang terus meningkat membuat daya belinya pun meningkat. Peningkatan ini pula yang mendorong aspirasi mereka untuk memiliki kendaraan sendiri/pribadi.

 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS