August 29, 2016

Review Samsung Galaxy On7: Ponsel Kelas Menengah dengan Desain Stylish

Penulis: Maulana
Review Samsung Galaxy On7: Ponsel Kelas Menengah dengan Desain Stylish  

MOBITEKNO – Setiap tahunnya, Samsung tak hanya memperbarui lini smartphone flagship seri S miliknya, tetapi juga jajaran kelas menengah ke bawahnya. Salah satunya yang hadir di pasaran pada tahun 2016 ini adalah Galaxy On7.

Berbekal layar 5,5 inci dan kamera belakang 13 MP, smartphone ini cocok untuk pengguna yang membutuhkan ponsel dengan harga terjangkau untuk menjalankan berbagai aktivitas multimedia, seperti berfoto, mendengarkan musik dan menonton film.

Tak cuma bentang layar yang lebar dan kamera beresolusi besar, berbagai kebutuhan multimedia tersebut juga ditunjang dengan hadirnya chipset quad-core 64-bit besutan Qualcomm dan RAM 1,5 GB. Lalu apa lagi yang hal yang menarik dari Samsung Galaxy On7? Simak reviewnya berikut ini.

Desain

Seperti ponsel Samsung pada umumnya, Galaxy On7 mempunyai dua buah tombol kapasitif (back dan menu) serta sebuah tombol home pada sisi depannya. Selain berfungsi untuk mengembalikan tampilan layar ke menu home, tombol fisik yang berbentuk oval tersebut juga bisa mengantarkan pengguna ke aplikasi kamera dengan cara menekannya sebanyak dua kali.

Tata letak tombol lainnya pun masih sama seperti smartphone Samsung lainnya, yakni tombol power pada sisi kanan, tombol volume up dan volume down pada sisi kiri, serta port microUSB dan jack 3,5 inci.

Secara keseluruhan, desain bodi yang diusungnya sebenarnya biasa-biasa saja. Namun bezel Samsung Galaxy On7 dibalut dengan material polycarbonate berwarna silver glossy yang cukup tebal untuk memberikan kesan premium.

Begitu juga dengan bagian belakangnya. Samsung sejatinya hanya menggunakan material plastik untuk back cover smartphone ini. Hanya saja, warna keemasan dan teksturnya yang menyerupai kulit membuatnya terlihat mewah. Biar bagaimana pun, satu hal yang menjadi nilai plus adalah bagian belakang Galaxy On7 tidak licin dan cukup nyaman ketika digenggam.

Back cover tersebut juga bisa dilepas dan dipasang dengan mudah. Tak hanya itu, pengguna juga diizinkan untuk mencopot baterai yang terpasang pada bagian belakangnya. Ini bisa menjadi nilai tambah tersendiri untuk Galaxy On7. Pasalnya, tak semua ponsel Android masih mengadopsi removable battery. Dengan begitu, pengguna bisa dengan mudah mengganti baterai jika terjadi kerusakan atau sekadar mencopotnya sebentar guna melakukan hard reset.

Selain baterai berkapasitas 3.000 mAh, pada bagian belakang smartphone ini juga terdapat dua buah slot microSIM dan sebuah slot MicroSD yang bisa mendukung memory card berkapasitas hingga 256 GB sebagai media penyimpanan tambahan.

Samsung Galaxy On7 sendiri secara keseluruhan memiliki dimensi 151,8 x 77,5 mm. Dengan bentang layar 5,5 inci dan ketebalan 8,2 mm, smartphone ini masih cukup nyaman untuk digenggam. Hanya saja hal tersebut membuatnya tidak bisa dioperasikan dengan satu tangan.

Fitur & Performa

Dari sisi software, Samsung tak lupa menyematkan sebuah aplikasi bernama Smart Manager. Secara keseluruhan, ada lima fungsi utama yang ditawarkan oleh aplikasi ini. Di antaranya adalah mode power saving untuk baterai, membersihkan RAM dari aplikasi yang tidak digunakan, membuang berbagai file yang tidak lagi digunakan, menghemat konsumsi data saat internetan, dan mengaktifkan fitur keamanan bernama Samsung Knox. Ini artinya, pengguna sejatinya tak perlu lagi memasang aplikasi tambahan untuk mengoptimalkan perangkat ini.

Fitur yang dimiliki aplikasi kamera bawaannya tergolong minim. Ada lima mode yang bisa digunakan, yakni Auto, Pro, Panorama, Continuous shot, dan Beauty Face. Seperti ponsel Android lainnya, secara otomatis, mode auto akan aktif ketika membuka aplikasi kamera.

Jika ingin mendapatkan hasil foto yang lebih baik, pengguna bisa saja mengganti mode Auto ke Pro. Sayangnya, tak banyak kostumisasi yang bisa dilakukan pada mode ini. Pengguna hanya bisa mengutak-atik konfigurasi white balance, ISO, dan exposure.

Bagi yang doyan selfie, Samsung juga menyertakan mode Beauty Face. Pada mode ini, pengguna bisa mengatur tingkat kehalusan wajah, lebar muka, dan lebar kedua mata sebelum dijepret. Tak cuma bisa berfungsi untuk kamera depan, mode Beauty Face juga bisa beroperasi saat kamera belakang aktif.

 

Performa

Berbekal RAM 1,5 GB dan chipset Qualcomm Snapdragon 410 yang ditenagai oleh prosesor quad-core Cortex-A53 berkecepatan 1,2 GHz dan GPU Adreno 306, transisi menu dari smartphone yang menggunakan sistem operasi Android 5.1.1 ini bisa ditampilkan dengan sangat mulus. Kemampuan multitaskingnya pun terbilang cukup baik. Ini terbukti ketika diuji coba untuk membuka beberapa aplikasi ringan secara bersamaan, seperti WhatsApp, Google Chrome, dan beberapa aplikasi media sosial seperti Facebook dan Twitter.

Hanya saja, chipset kelas menengah ke bawah yang disematkan pada Galaxy On7 tak sanggup untuk menjalankan berbagai game berat dengan mulus. Meski begitu, performa yang dihasilkan masih terbilang memuaskan untuk kebutuhan sehari-hari. Berikut beberapa hasil pengujian dengan menggunakan beberapa aplikasi benchmark, seperti AnTuTu versi 6, Geekbench 3 dan GFXBench.

Antutu:

 

Geekbench 3:

 

GFX bench:

 

Hasil Foto:

Spesifikasi

Samsung Galaxy On7 datang dengan spesifikasi hardware yang sudah mumpuni sebagai smartphone multimedia kelas menengah. Berikut spesifikasi Samsung Galaxy On7:

 

Layar 5,5 inci TFT 1.280 x 720piksel
Sistem Operasi Android 5.1 Lollipop
Prosesor Qualcomm Snapdragon 410 1,2 GHz 64-bit Quad-core Cortex-A53
GPU Adreno 306
Kamera 13 MP autofocus, LED Flash (belakang); 5 MP (depan)
RAM 1,5 GB
Storage 8 GB internal, MicroSD up to 256 GB
Jaringan GSM/HSPA/4G LTE Cat 4
Kartu SIM Dual Micro SIM Card
Komunikasi dan fitur WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth® v 4.1 with A2DP, Wi-Fi Direct, radio FM
Audio MP3, AAC, AAC+, eAAC+, WMA, MIDI, WAV, AC3, FLAC
Video DivX, H.264, MPEG4, H.263, Xvid, 3gp
Sensor Accelerator/Proximity/Ambient Light Sensor
Baterai 3.000 mAh Lihitum-ion

 

Kesimpulan

Sebagai smartphone kelas menengah ke bawah, Samsung Galaxy On7 berhasil memberikan kesan stylish dan mewah berkat bezel berwarna silver dan tekstur kulit pada bagian belakangnya.

Meski ukuran layarnya cukup bongsor (5,5 inci), bodi yang tak terlalu tebal membuat smartphone ini masih nyaman digenggam dengan menggunakan satu tangan. Di sisi lain, kehadiran layar yang lebar dengan resolusi HD ini juga bisa memanjakan para pengguna yang gemar bermain game atau menonton video.

Hanya saja, chipset Snapdragon 410 yang diadopsinya tak dirancang untuk bisa menjalankan game berat dengan mulus. Namun hal ini tak menjadi masalah bagi pengguna yang sehari-harinya lebih banyak menggunakan smartphone untuk kebutuhan multimedia kelas menengah.

Melalui program eksklusif di Lazada Indonesia, Samsung Galalaxy On7 bisa didapatkan dengan harga Rp 2.699.000. Program ini berlangsung mulai tanggal 29 Agustus 2016 hingga 4 September 2016.

Tags: , , , ,


COMMENTS