August 29, 2016

Lima Asosiasi & BEKRAF Gandeng comScore untuk Ukur Pengguna Online di Indonesia

Penulis: Eko Lannueardy
Lima Asosiasi & BEKRAF Gandeng comScore untuk Ukur Pengguna Online di Indonesia  

MOBITEKNO – Lima asosiasi yang tergabung dalam Indonesian Digital Measurement Consortium yang didukung BEKRAF sepakat memilih comScore sebagai penyedia data yang akan menjadi standar pengukuran pengguna online di Indonesia selama dua tahun ke depan.

Kelima asosiasi tersebut adalah Association of Asia Pacific Advertising Media (AAPAM), Asosiasi Perusahaan Pengiklan Indonesia (APPINA), Indonesian Digital Association (IDA), Indonesian E-Commerce Association (idEA) dan Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I).

Ditegaskan oleh Jerry Justianto, Ketua Konsorsium bahwa periklanan digital di Indonesia, khususnya di perangkat bergerak tumbuh cukup baik. Namun, pengiklan, agensi dan pemilik media masih dihadapkan dengan kompleksitas pengukuran yang membingungkan.

"Tanpa adanya alat ukur yang sama untuk mengevaluasi medi periklanan, validitas datanya tentu diragukan. Tak hanya itu, industri yang terkait juga sulit untuk mencapai potensi optimalnya," ujar Jerry di hadapan sejumlah media di Jakarta, (29/8).

Triawan Munaf, Kepala BEKRAF menyambut positif kolabirasi ini. "BEKRAF mendukung penuh inisiatif swadaya hasil kolaborasi para pelaku bisnis digital yang tergabung dalam Indonesian Digital Measurement Consortium ini. Semoga ini menjadi langkah awal untuk inovasi yang berkelanjutan."

"Kami sangat senang atas kepercayaan ini. Kami juga berjanji untuk terus menyediakan layanan pengukuran yang akurat dan independen. Dengan begitu, pengiklan dan agensi semakin percaya diri untuk meningkatkan belanja iklan di media digital," ucap Joe Nguyen, Senior Vice President comScore – Asia Pasifik.

Sebelumnya, comScore dan dua kandidat lainnya sudah mempresentasikan solusi masing-masing di hadapan Komite Penilai yang terdiri dari perwakilan masing-masing asosiasi. Penilaian dilakukan berdasarkan kelengkapan data, kemampuan pembuatan laporan, tingkat layanan dan tentunya biaya.

comScore sendiri merupakan perusahaan pengukuran lintas platform asal Amerika Serikat. Saat ini, comScore telah beroperasi di 75 negara dan telah terdaftar di NASDAQ. Dalam kolaborasi ini, comScore akan menyediakan solusi pengukuran untuk pengguna yang mengakses situs online via PC dan gadget mengunakan metode Unified Digital Measurement.

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS