July 29, 2016

Jobplanet: Sales dan Marketing di Industri Otomotif Cukup Puas dengan Gajinya

Penulis: Eko Lannueardy
Jobplanet: Sales dan Marketing di Industri Otomotif Cukup Puas dengan Gajinya  

MOBITEKNO – Jobplanet (Jobplanet.com) kembali menggelar dua riset terpisah untuk mencari tahu rata-rata gaji karyawan sales dan marketing di industri otomotif. Riset tersebut juga mengungkap secara detail kepuasan mereka terhadap gaji dan tunjangan yang diterima.

Dalam kedua riset tersebut, Jobplanet menganalisis data yang terkumpul melalui situsnya selama semester satu 2016 atau Januari hingga Juni 2016, dengan menggunakan 480 perusahaan otomotif yang terdaftar dalam situsnya sebagai sampel.

Jobplanet menganalisis informasi gaji dari 3.700 karyawan perusahaan otomotif yang tersebar di seluruh Indonesia. Sebanyak 7,5% di antara mereka adalah karyawan di bidang sales dan 9,4% adalah karyawan di bidang marketing.

Untuk tingkatan Staf di bidang sales rata-rata gaji yang diterima sebesar Rp 3.835.800 sedangkan pada tingkatan Manajer, gajinya rata-rata yang diterima adalah sebesar Rp 7.217.500.

Berbeda dengan mereka yang di bidang marketing, posisi Staf rata-rata digaji sebesar Rp 4.168.000 dan di posisi Manajer sebsar Rp 6.741.500.

Ditegaskan oleh Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia bahwa angka yang diperoleh merupakan perhitungan rata-rata gaji bersih yang diterima oleh para karyawan.

"Itu adalah gaji bersih yang diterima oleh karyawan di bidang sales dan marketing. Nilai tersebut belum termasuk dengan bonus serta tunjangan mereka," ujar Kemas.

Riset kedua, Jobplanet menganalisis data dari 2.500 orang responden yang tersebar di seluruh Indonesia. Di antara para karyawan perusahaan otomotif tersebut, sebanyak 7,4% adalah karyawan di bidang sales dan 7,5% adalah karyawan di bidang marketing.

Dari analisis tersebut, Jobplanet menemukan tingkat kepuasan karyawan terhadap gaji dan tunjangan di bidang sales nilainya hanya sebesar 3,60. Sedangkan di bidang marketing tingkat kepuasannya hanya mencapai 3,46.

"2016 merupakan tahun tantangan bagi industri otomotif Tanah Air. Namun berdasarkan riset, kami menemukan bahwa pada semester pertama 2016, karyawan perusahaan otomotif cukup puas dengan gaji dan tunjangan mereka," pungkas Kemas.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS