June 29, 2016

Chrome OS Kian Menarik, Asus Luncurkan Dua Chromebook Baru di Pasar Indonesia

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Chrome OS Kian Menarik, Asus Luncurkan Dua Chromebook Baru di Pasar Indonesia  

MOBITEKNO – ASUS berkolaborasi dengan Google meluncurkan dua varian notebook chromebook terbaru yang dikemas dengan sistem operasi Chrome OS. Notebook bernama ASUS Chromebook yang hadir dalam dua varian ini ditujukan bagi pengguna yang sangat dinamis dan memiliki mobilitas tinggi.

Seperti diketahui, Chrome OS adalah sistem operasi besutan Google yang lebih diperuntukkan bagi kalangan muda seperti pelajar, dan mahasiswa, serta para profesional muda yang kerap berkutat di dunia maya, dan banyak bekerja secara online. Adapun dua model ASUS Chromebook terbaru yang hadir di Indonesia adalah Chromebook C201PA dan C100PA.

Berdasarkan daftar resmi dari Google (lihat di link berikut ini), dari kedua chromebook terbaru dari ASUS ini, chromebook seri C201PA sudah masuk daftar chromebook bisa menjalankan aplikasi Android (Android app) yang akan dihadirkan secara luas mulai tahun ini.

Dukungan terhadap Android app juga sedang disiapkan Asus bersama Google melalui M53 dev channel pada chromebook yang juga akan segera dirilis, yaitu Asus Chromebook Flip.

Juliana Cen, Country Group Leader Indonesia menyatakan, “ASUS Chromebook adalah sebuah perangkat yang menyuguhkan kepada Anda sisi kepraktisan dari sebuah notebook.”

“Baik notebook dan sistem operasinya dirancang sangat mudah digunakan, hemat baterai, dan portable sehingga sangat cocok untuk pelajar, mahasiswa dan profesional muda. Ditambah juga dengan Chrome OS yang relatif terbebas dari serangan virus,” ujar Juliana.

ASUS telah menyematkan komponen terbaik pada kedua Chromebook tersebut. Salah satu yang menarik adalah daya tahan baterainya yang diklaim mencapai 13 jam pada penggunaan normal. Dengan daya tahan baterai selama itu, pengguna tak perlu risau lagi mengalami kehabisan baterai (low-bat) saat bekerja di perjalanan.

Chrome OS merupakan sistem operasi yang dibangun diatas proyek open source. Pengguna tidak perlu khawatir dengan dukungan aplikasinya, sebab Google pun sejatinya telah menyiapkan berbagai macam aplikasi untuk mendukung aktivitas penggunanya.

“Untuk kebutuhan produktivitas seperti mengetik atau membuat file presentasi, pengguna bisa memanfaatkan Google App yang tersedia di Chrome OS,” kata Juliana. "Kelebihan lainnya adalah, kita bisa melihat dan mengedit dokumen tanpa kehilangan formatting yang sudah dibuat sebelumnya, misalnya dengan Microsoft Office.

Selain membuat dan mengedit dokumen secara online dari Google Drive, pengguna Chromebook juga bisa membuatnya secara offline dan akan tersinkronisasi secara otomatis saat terhubung ke Internet.

Menurut Juliana, jika pengguna memerlukan ragam aplikasi lainnya, mereka bisa mengunduhnya melalui Web Store. Ini merupakan pasar aplikasi untuk platform Chrome OS yang mirip dengan Google Play Store.

“Menurut informasi yang saya dapat, ke depannya, Google akan menyematkan Google Play Store di Chrome OS sehingga pengguna Chromebook bisa mengakses semua aplikasi yang ada di Google Play Store. Ini tentu sangat menarik,” tutup Juliana.

 

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS