May 29, 2016

WhatsApp Dominan di 109 Negara, BBM Masih Populer Di Indonesia

Penulis: Abdillah
WhatsApp Dominan di 109 Negara, BBM Masih Populer Di Indonesia  

MOBITEKNO – Dari hasil analisis data Android di 187 negara, sebanyak 55,6% atau 109 negara menggunakan aplikasi Whatsapp untuk berkirim pesan. Diperingkat kedua adalah aplikasi Facebook Messenger yang kini menjadi aplikasi. Itulah hasil survey yang disusun oleh Digital Vision.

Tiongkok adalah negara yang masyarakatnya lebih populer untuk memanfaatkan Whatsapp. Penyebaran aplikasi tersebut juga cukup merata di Brasil, Rusia, India, Meksiko dan beberapa negara lainnya yang berada di kawasan Amerika Selatan, Eropa, Asia dan Afrika.

Terpaut cukup jauh, Facebook Messenger hanya mendominasi di 49 negara, antara lain di Australia, Kanada dan Amerika Serikat. Digital Vision juga mencatat, aplikasi berkirim pesan ketiga yang populer adalah Viber, yakni mendominasi hanya di 10 negara, terutama di kawasan Eropa Timur.

Di Jepang, LINE adalah aplikasi yang paling populer dan orang-orang di sana mampu menghabiskan waktunya untuk menggunakan aplikasi tersebut hingga lebih dari 40 menit. WeChat masih menjadi aplikasi pilihan di Tiongkok. Aplikasi berkirim pesan lainnya, seperti Telegram dan Kakao Talk populer di Korea Selatan.

Lalu, dimana posisi aplikasi Blackberry Messenger (BBM)? Aplikasi yang dulu sempat merajai dunia messaging ini teryata masih masuk dalam hitungan penelitian. Menariknya, Indonesia adalah surga bagi BBM, dimana per April 2016 sebanyak 87,5% dari semua pengguna Android telah memasang aplikasi racikan Blackbbery ini di perangkat mereka.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS