March 29, 2016

Review ZTE Blade A711 Gold Edition: Fitur Banyak Harga Terjangkau

Penulis: Desmal Andi
Review ZTE Blade A711 Gold Edition: Fitur Banyak Harga Terjangkau  

MOBITEKNO – ZTE Blade A711 Gold Edition merupakan seri pelengkap dari ZTE Blade A711 yang sudah hadir terlebih dahulu. Memilki nama ‘Gold Edition’, hampir seluruh bodi dari smartphone ini dibungkus dengan warna emas, kecuali bagian layar.

Dari sisi spesifikasi, ZTE Blade A711 Gold Edition tidak jauh berbeda spesifikasinya dengan seri pendahulunya yaitu ZTE Blade A711 Silver. Smartphone dengan ukuran layar 5,5inci ini mendukung banyak fitur, termasuk fingerprint. Padahal ZTE tidak menjualnya dengan harga yang mahal.

Smartphone yang penjualannya melalui eCommerce Lazada ini juga memiliki desain yang menawan dengan sisi kanan dan kiri layar tidak terlalu besar. Dengan dukungan 4G, ZTE Blade Edition menawarkan koneksi data yang cepat.

Mobitekno mendapat kesempatan untuk menguji smartphone ini selama beberapa minggu. Hasilnya, cukup memuaskan, terutama saat digunakan untuk aktivitas dan kebutuhan sehari-hari. Dengan kapasitas RAM 2 GB, sudah cukup menunjang berbagai aplikasi yang dibutuhkkan, baik kebutuhan pekerjaan maupun media sosial. Untuk lebih detailnya, berikut ini ulasan hasil review ZTE Blade A711 Gold Edition.

Kelengkapan

Saat menerima ZTE blade A711 Gold Edition, Mobiteknno hanya mendapatkan unit smartphonenya saja, tidak dengan kelengkapan standar seperti yang biasanya hadir dalam paket pembeliannya. Namun, dari beberapa website rujukan yang bisa dipercaya, Mobitekno mendapatkan informasi bahwa paket ZTE Blade A711 Gold Edition, selain membawa unit smartphone, di dalam paket penjualannya terdapat:

  1. Kabel Micro USB untuk kebutuhan sinkronisasi dan pengisian daya.
  2. Adaptor listrik yang engubah arus AC ke DC.
  3. Ejector untuk micro SIM card.
  4. Buku manual sederhana.
  5. Kartu garansi.

Desain

Desain ZTE Blade A711 Gold Edition tidak ada bedaya dengan ZTE Blade A711 silver edition. Di keempat sudut-sudutnya berbentuk lengkung kecil yang membuat smartphone ini terlihat kokoh. Di antara lapisan layar dan bodi, disisipkan bezel tipis yang juga berwarna emas. Di atas dan di bawah layar terdapat ruang kecil dengan ukuran sama untuk menempatkan kamera depan, speaker phone, serta tombol home. Desain bagian depannya terlihat rapi dan simetris.

Di sisi atas, terdadpat port audio. Posisinya ada di bagian kiri atas. Sementara untuk bagian bawah, terdapat port micro USB dan lubang mikrofon untuk mereka suara.

Di sisi kiri, terdapat akses untuk memasukkan micro SIM card. Untuk membuka penutup slot micro SIM card ini dibutuhkan SIM Ejector. Tekan ke dalam dan slot akan terbuka. Slot ini di desain dengan mode hybrid. Anda bisa memasukkan dengan dua micro SIM card atau satu micro SIM card dengan micrso SD card. Penggunaan micro SIM card kedua harus bergantian dengan micro SD card. Tekan kembali slot tersebut untuk agar mmicro SIM bisa cepat terbaca.

Di sisi kanan, terdapat tombol volume dan power. Posisi tombol power ada di bawah volume. Posisi ini masih cukup nyaman jika diakses dengan satu tangan. Jempol akan berada di posisi yang pas untuk mengakses tombol volume dan power.

Beralih ke bagian belakang. Kamera berkapasitas 13 MP Ultra HD dengan teknologi Neo Vision 5 yang dapat membuat tangkapan gambar terlihat lebih cerah. Kamera juga dilengkapi dengan bukaan F/2.2 dan didukung LED flash. Kamera juga mendukung fungsi Geo tangging, touch focus, face detection, dan panorama shoot.

Di bawah kamera terdapat fungsi fingerprint yang dapat diatur dari menu ‘settings’. Fingerprint ini dapat diatur dengan mudah hanya tinggal menyentuh beberapa sisi sidik jari. Di antara fingerprint dan kamera, terdapat LED flash. Desain bertambah manis dengan adanya guratan kecil i atas kamera menyentuh garis perpotongan di bodi belakang bagian atas.

Bagian bawah terdapat tulisan ZTE berukuran besar untuk meninjolkan brand ZTE kepada orang lain yang melihatnya. Sementara di bawah tulisan ZTE, terdapat speaker phone dengan desain garis kecil.

Di bagian depan, terdapat layar IPS LCD berukuran 5,5 inci yang beresolusi 1080 x 1920 pixel dngan 410 ppi pixel density. Tombol home tampil unik dengan menampilkan cahaya berwarna biru di sekelilingnya sehingga memudahkan pengguna untuk mengakses tombol ini di suasana gelap.

Fitur & Performa

Smartphone dengan OS Android Lollipop 5.1.1 ini menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 615 1,5 GHz Octa core 64 bit. GPU menggunakan Adreno 405 untuk menghasilkan tampilan yang cerah dan jelas sekaligus dapat menghemat daya. Untuk menunjang kecepatan prosesor dan mendukung grafis yang baik, ZTE blade A711 Gold Edition ini juga suah menggunakan RAM 2 GB.

Untuk ruang penyimpanannya, ZTE Blade A711 Gold Edition sudah memiliki memori sebesar 16 GB. Namun, jumlah ini masih bisa bertambah dengan bantuan Micro SD hingga 128 GB. Dengan begitu, jangan khawatir tentang ruang penyimpanan data atau file-file multimedia yang ingin Anda simpan di dalam smartphone.

Dengan dimensi 155,3 x 77,2 x 8,6 mm, ZTE Blade A711 Gold Edition masih nyaman untuk digenggam. Desain unibody dengan bahan aluminium berwarna emas membuat smartphone ini cukup ringan dibawa-bawa oleh penggunanya Berat totalnya hanya 160 gram.

Di sisi user interfacenya, Nubia 3.0 dapat memberikan warna yang cerah, proses navigasi yang mudah, dan proses peralihan antar-aplikasi berjalan tanpa lag. Hal ini tentunya menambah kenyamanan penggunaan smartphone ini, walau digunakan satu tangan. Nubia UI 3.0 juga membawa banyak widget yang bisa ditempatkan untuk akses cepat ke sebuah aplikasi atau kebutuhan lainnya.

Layarnya yang sudah menggunakan IPS display dilengkapi juga dengan fitur Adaptive brightness yang dapat menyesuaikan tingkat kecerahan warna dengan kondisi di sekitar.

Salah satu fitur yang diunggulkan dari ZTE Blade A711 adalah fingerprint. Fungsi deteksi sidik jari ini begitu mudah untuk diaplikasi ke berbagai aplikasi. Setting-nya pun juga mudah. Hanya dengan beberapa sentuhan di sidik jari, smartphone sudah mendapatkan seluruh sidik jari penggunanya. Tidak hanya untuk membuka kunci layar, fingerprint dapat digunakan untuk mengakses beberapa aplikasi di smartphone.

Dari sisi kamera, kamera utamanya yang sudah menggunakan teknologi Neo Vision 5.0 mampu menangkap objek gambar dengan jelas dengan kondisi kurang cahaya sekallipun. Objek yang ditangkap terlihat sangat jelas dan terang. Kami puas dengan kamera utamanya ini. Detail pada objek masih tetap terlihat di suasana minim cahaya.

Hal yang sama juga berlaku untuk kamera depan. Sayangnya, untuk kamera depan ini, hasil tangkapan tidak langsung di flip sehingga jika dibuka dengan gallery, posisi gambar akan terlihat terbalik. Untuk menampilkannya dengan benar, Anda harus menggunakan efek Mirror di menu setting untuk mengedit gambar.

Untuk merekam dalam mode Video, ZTE Blade A711 Gold Edition mampu merekam dengan kualitas rekaman hingga 1080 pixel. Fungsi zoom pun juga berjalan dalam mode video ini.

Efek kamera disediakan cukup banyak. Nubia 3.0 Family sudah menghadirkan beberapa efek untuk menangkap gambar dengan tampilan-tampila unik. Bahkan, untuk video Nubia 3.0 juga menyediakan fitur Video maker yang dapat membuat video dari kumpulan foto yang dijepret.

Selanjutnya untuk multimedia, keluaran audio untuk smartphone ini sudah mendukung teknologi Dgital Theatre System (DTS). Dengan demikian, smartphone dapat menghasilkan suara yang lebih jernih dan menggelegar.

Guna menunjang aktivitas smartphone sehari-hari, smartphone ini menggunakan baterai berkapasitas 3.000 mAh. Kapasitas ini sudah cukup besar untuk menunjang aktivitas

 

Performa.

Dari hasil pengujian dua aplikasi benchmark, yaitu Antutu Benchmark dan Geekbench 3, ZTE Blade A711 Gold Edition mendapat skor yang cukup baik. Berikut hasil pengujian Antutu dan Geekbench 3.

Antutu:

 

GeekBench 3:

 

Contoh Foto 1:

 

Contoh Foto 2:

 

Contoh Foto 3:

Spesifikasi

ZTE Blade A711 Gold Edition dibekali hardware yang cukup mumpuni dalam menjalankan berbagai aplikasi di dalamnya. Bahkan, smartphone ini sudah memiliki fitur fingerprint, walaupun dijual dengan harga yang terjangkau. Memori sebesar 2 GB dapat memberikan ruang yang cukup untuk aktivitas banyak aplikasi. Sementara ruang penyimpanan sebesar 16 GB sudah cukup untuk menyimpan file-file pekerjaan. Jika dirasa kurang, masih ada tambahan micro SD hingga kapasitas 128 GB.

Berikut ini spesifikasi ZTE Blade A711 Gold Edition:

Layar 5.5” FHD 1920x 1080 pixel 401 PPI
Sistem Operasi Android 5.1.1 Lollipop
Prosesor Octa Core 1.5Ghz Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615
GPU Andreno 405
Kamera 13MP Back Camera with Neo Vision 5.0 Technology, 5 MP (depan)
RAM 2 GB RAM
Storage 16 GB internal + micro SD hingga 128 GB
Jaringan LTE, UMTS, GSM
Kartu SIM Dual Micro SIM Card
Komunikasi dan fitur GPS/A-GPS, GLONASS, OTG Support, WiFi, WiFi Direct, Bluetooth 4.0, FM Radio, MicroUSB v2.0, Nubia UI 3.0, DTS (Digital Theater System) Sound, Neo Vision 5.0, Multi Function Fingerprint.
Dimensi 155,3 x 77,2 x 8,6 mm
Berat 160 gram
Sensor Gyroscope, Gravity, Distance, Light, Hall Censor
Baterai  3.000 mAh

 

Kesimpulan

Smartphone berukuran 5,5 inci yang termasuk dalam kategori phablet ini didesain dengan bentuk yang kokoh. Baterai memang tidak bisa dilepas karena smartphone ini menggunakan desain unibody. Namun, dengan desain seperti ini justru membuat smartphone terlihat lebih elegan.

Hasil kamera tidak mengecewakan. Kamera utamanya dapat menangkap gambar dengan jelas, walaupun di situasi minim cahaya sekalipun. Kami membandingkan dengan dua smartphone buatan Tiongkok dan hasil dari ZTE Blade A711 Gold Edition menampilkan hasil yang lebih terang. Kamera masih didukung dengan berbagai efek foto yang sudah disediakan oleh ZTE. Lalu, bagaimana dengan kamera depan? Hasilnya juga tidak mengecewakan.

Dari sisi fitur yang disediakan, semua berjalan normal. Fungsi GPS juga berjalan cukup cepat dalam menangkap posisi smartphone. Smartphone juga mendukung fungsi USB On The Go yang memudahkan pengguna dalam berbagai hal.

Memori juga kami bilang lega walaupun internalnya hanya menyediakan 16 GB. Bantuan micro SD hingga 128 GB dapat menambah ruang penyimpanan berbagai file. Fingerprint yang menjadi salah satu fitur andalan di smartphone ini juga mudah untuk diatur. Berbagai aplikasi juga bisa diakses melalui fitur ini. Yang menarik, dengan fitur yang sudah disebutkan tadi, ZTE menjual smartphone ini dengan harga tidak lebih dari Rp 2 juta.

Tags: , , ,


COMMENTS