October 28, 2016

Review Lenovo Yoga 700-11ISK: Skylake Versi Hemat

Penulis: Hiro
Review Lenovo Yoga 700-11ISK: Skylake Versi Hemat  

MOBITEKNO – Lenovo banyak menghadirkan varian notebook yang menyasar pengguna yang memiliki beragam kebutuhan, mulai dari pelajar, pebisnis, hingga gamer. Masing-masing menawarkan fitur unggulan yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Kali ini MobiTekno kedatangan varian lain dari seri Yoga yaitu Lenovo Yoga 700. Seri Yoga sendiri hadir dalam beberapa varian, mulai dari yang sederhana seperti Yoga 300 sampai tertinggi yaitu Yoga 900. Perbedaan mendasar terdapat pada spesifikasi, mulai dari yang terendah untuk kebutuhan komputasi ringan, sampai spesifikasi tertinggi bagi kebutuhan yang lebih kompleks. Seri Yoga merupakan notebook yang dihadirkan Lenovo dengan kelebihan berupa engsel fleksibel yang memungkinkan layarnya bisa di tekuk hingga 360°.

Untuk seri Yoga 700, Lenovo menghadirkan dua varian yaitu Yoga 700 dengan layar 14 inci dan Yoga 700 dengan layar 11 inci. Yoga 700 dengan layar 14 inci ditujukan bagi pengguna yang butuh notebook lebih powerfull. Ini terlihat dari spesifikasinya yang menggunakan prosesor Intel Core i7.

Sedangkan untuk seri dengan layar 11 inci yang Mobitekno uji kali ini ditujukan bagi penggunaan komputasi yang lebih sederhana. Meski spesifikasinya untuk entry level namun sudah menggunakan generasi prosesor yang lebih baru (Skylake).

Kelengkapan

Seperti notebook lainnya, Lenovo Yoga 700-11ISK ini dikemas dalam sebuah kotak yang cukup ringkas sehingga mudah untuk dibawa saat Anda baru membelinya di toko komputer. Perlindungan cukup aman karena semua sisi bodi nptebook dilindungi oleh busa yang cukup tebal. Jadi, notebook akan aman terhadap guncangan saat dibawa. Berikut ini apa yang ada di dalam kemasannya:

  1. Unit Notebook Lenovo Yoga 700-11ISK
  2. Adaptor untuk mengisi daya baterai
  3. Kabel pengisian baterai
  4. Buku manual dan garansi

Desain & Ergonomi

Seri Yoga mengunggulkan desainnya yang unik dimana engsel antara keyboard dan layar bisa ditekuk hingga 360°. Dengan kemampuan engselnya yang fleksibel membuat notebook ini bisa digunakan dalam 4 mode berbeda, yaitu yaitu notebook (mode standar), tablet (dengan melipat keyboard hingga 360°, stand (berdiri dengan keyboard sebagai penyangga) dan tent (seperti posisi tenda). Hal ini membuat Lenovo merancang engsel ini agar kuat dan tahan dilekuk berkali-kali.

Dengan ukuran layar 11,5 inci menjadi dimensinya cukup kecil. Jika dibandingkan, ukurannya hampir sama dengan kertas ukuran A4. Dengan ketebalan 1,58 cm, notebook ini juga ringan dan hanya memiliki bobot sekitar 1,2kg. Dengan dimensi tersebut membuatnya ringan dan mudah dibawa-bawa. Hal ini membuat pengguna nyaman untuk membawanya bepergian serta menggunakannya dimana saja.

Lenovo Yoga 700 menggunakan desain unibodi yang artinya seluruh area tertutup rapat sehingga baterai tidak bisa dilepas sembarangan. Disatu sisi membuat desain lebih keren dan ringan namun di satu sisi membuat Anda tidak bisa menggantinya sendiri.

Meski tidak menggunakan backlit keyboard, tombol-tombolnya nyaman ditekan. Mengedepankan sisi kenyamanan, Lenovo merancang dan menempatkan jarak antara tombol-tombol serta ketebalannya agar tetap nyaman dan memiliki akurasi yang baik.

Touchpad yang biasanya selalu menjadi ganjalan dari sisi kenyamanan, kali ini cukup responsif dan nyaman digunakan. Dua tombol klik kiri dan kanan dibuat menyatu dengan landasan touchpad, dan untungnya desain ini tetap membuatnya nyaman digunakan. Meski berukuran kecil, area palm rest tetap dirancang agar memberi kenyamanan pada tangan untuk bersandar saat mengetik.

Notebook ini menggunakan speaker berjenis stereo yang ditempatkan di bagian bawah pada sisi kiri dan kanan. Karena diletakkan agak ke pinggir dengan sisi yang melengkung tidak membuat keluaran suaranya tertahan landasan yang digunakan. Bahkan penempatan speaker ini membuat keluaran suara akan terpantul landasan dan membuatnya terdengar lebih kencang.

Lenovo Yoga 700 menyertakan dukungan terhadap koneksi modern seperti mini HDMI, USB 3.0, dan card reader yang mendukung 4 jenis kartu memori. Khusus untuk port USB 2.0, Lenovo menyediakan dua port dan satu port bisa berganti fungsi untuk mengisi daya. Saat tidak digunakan untuk hal tersebut, port ini tetap bisa digunakan sebagai pembaca data dari flashdisk atau harddisk eksternal.

Karena bisa difungsikan sebagai tablet, notebook ini juga menyertakan tombol tambahan yaitu Auto Rotate. Fungsi ini seperti yang ada pada perangkat tablet atau smartphone agar tampilan terkunci saat layar berubah posisi secara portrait atau landscape dan sebaliknya. Penempatan tombol Power dan Volume pun mirip dengan perangkat tablet kebanyakan.

Fitur & Performa

Lenovo Yoga 700 sudah dilengkapi dengan sistem operasi Windows 10 Home Single Language 64-bit. Sistem operasi terbaru ini akan memaksimalkan fungsi notebook 2-in-1, baik sebagai notebook dan juga tablet. Seperti seri terbaru Lenovo lainnya, beberapa aplikasi pendukung sudah disertakan dalam sistem yang digunakan.

Diantaranya Lenovo Companion yang akan memberikan panduan serta informasi seputar notebook serta aplikasi ReachIt untuk menyimpan data di cloud milik Lenovo. Ada pula Lenovo Photo Master yang merupakan aplikasi manajemen foto untuk melakukan penyuntingan sederhana dengan berbagai pilihan efek, sampai fitur untuk menunggah foto ke layanan OneDrive. Tidak ketinggalan untuk keamanan, disertakan aplikasi McAfee LiveSafe.

Lenovo Yoga 700 telah dilengkapi dengan speaker stereo berteknologi Dolby Audio. Untuk memaksimalkan keluaran suaranya, terdapat aplikasi Dolby Audio yang menyediakan pengaturan suara, baik secara manual maupun pilihan lain yang tersedia. Saat menggunakan speaker bawaan, perubahan yang terjadi memang tidak tidak terlalu terasa.

Dolby

Seperti seri Yoga lainnya, Lenovo juga menyertakan fungsi instant BIOS. Fungsi ini berupa tombol atau lebih tepatnya lubang kecil yang berada di sebelah tombol Power. Fitur ini memudahkan pengguna untuk masuk ke pengaturan BIOS tanpa harus repot menekan tombol F2, Del, atau lainnya. Cukup tekan lubang tombol tersebut saat notebook dalam kondisi mati dan notebook akan langsung menampilkan menu dengan pilihan, yang tidak hanya untuk masuk ke BIOS, tetapi juga untuk mengatur urutan untuk booting, serta system recovery.

 

Perfoma

Menyasar untuk penggunaan komputasi yang sederhana, Yoga 700 tidak mengalami masalah untuk aplikasi-aplikasi untuk kebutuhan ringan seperti menjelajah internet, menjalankan konten multimedia definisi tinggi, word processing, foto editing, serta aplikasi-aplikasi sejenis. Untuk melihat kemampuannya, Mobitekno coba melakukan pengujian menggunakan aplikasi benchmarking seperti PCMark dan Cinebench.

Pengujian PCMark 8 dilakukan untuk mengetahui performa dalam menjalankan berbagai aplikasi ringan. Aplikasi ini akan mensimulasikan berbagai aplikasi yang biasa digunakan untuk pekerjaan sehari-hari berbasis office. Hasil pengujian ini menunjukkan skor 2189 pada mode Work Accelerated. Sedangkan untuk daya tahan baterai, mode Work Accelerated mampu bertahan hingga 6 jam 8 menit. Hasil ini terbilang cukup baik meski tidak istimewa.

Pengujian selanjutnya yaitu menggunakan aplikasi Cinebench R15. Hasil kinerja berbasis CPU ditunjukkan melalui skor dan tabel. Sebagai perbandingan, skor Intel Core M7-6Y75 ini menghasilkan skor 99, dibawah jauh dari Intel Core i5-3317U generasi Ivy Bridge. Sedangkan kinerja grafis berbasis OpenGL memiliki skor sedikit lebih tinggi dibanding Intel HD Graphics 4000.

Meski menyasar penggunaan komputasi sederhana, pasti ada saatnya Anda ingin menjajal kemampuannya dalam menjalankan game. Dengan spesifikasi yang kurang ideal untuk menjalankan game-game directX terbaru, Mobitekno tetap coba melihat kemampuannya dalam menjalankan salah satu game populer yang agak ringan yaitu Pro Evolution Soccer 2015. Secara spesifikasi, game ini memang tidak mumpuni untuk mendapatkan kinerja yang ideal. Pengaturan setting kami lakukan dan secara otomatis game ini hanya mampu bermain pada pilihan resolusi 1280 x 720 dengan pilihan detail Low. Namun dengan pilihan ini ternyata PES 2016 masih mampu dimainkan dan mencapai skor hingga 60 fps berdasarkan aplikasi Fraps yang Mobitekno gunakan.

Spesifikasi

Lenovo Yoga 700 ini menggunakan prosesor Intel Core M generasi terbaru, Skylake. Prosesor Intel Core M memang dikhususkan untuk perangkat ultra-mobile seperti ultrabook atau notebook 2-in-1 yang memiliki desain tipis dan ringan. Hal ini dikarenakan desain tersebut tidak akan membuat suhu panas berlebih karena dengan arsitektur 14nm, prosesor menggunakan daya yang rendah dan memiliki TDP 4,5 watt saja. Hal ini tentu berimbas pada suhu yang lebih rendah namun tetap mengedepankan kinerja maksimal.

Sebagai penunjang aktivitas multitasking, kapasitas RAM DDR3 disediakan sebesar 4 GB yang terbilang standar untuk ukuran notebook saat ini. Dan karena lebih ditujukan untuk pengguna bisnis serta multimedia, Yoga 700 ini cukup menggunakan chip grafis bawaan yaitu Intel HD Graphics 515.

Untuk akses data yang lebih cepat, media simpannya menggunakan jenis SSD berukuran 256 GB. Bagi Anda yang ingin menyimpan data berukuran besar disarankan menggunakan media simpan eksternal.

Lenovo menghadirkan dua ukuran layar untuk seri Yoga 700 ini. Ukuran 14 untuk pengguna yang butuh menjalankan aplikasi pada layar besar seperti spreadsheet atau desain grafis. Dan pilihan ukuran 11 inci yang diperuntukkan bagi mereka yang biasa menjalankan aplikasi standar. Namun seri ini tetap memberikan dukungan resolusi full HD 1920 x 1080 pixels. Resolusi ini membuat tampilan menjadi lebih tajam, terutama jika Anda menjalankan konten multimedia berbasis definisi tinggi. Karena juga berfungsi sebagai tablet, layar sentuhnya sudah mendukung multi-touch.

Berikut spesifikasi lengkapnya:

Prosesor/CPU Intel Core m7-6Y75 (base 1,2 GHz, turbo 3,1 GHz)
RAM/Memori 4 GB DDR3L-1600MHz
Grafis Intel HD Graphics 515 1 GB
Layar 11,6 inci, IPS (1920 x 1080 pixels) touch-screen
Media Storage 256 GB SSD
Connectivity Wi-Fi 802.11 a/c, Bluetooth 4.0
Port USB 3.0, 2 x USB 2.0, audio combo, mini-HDMI out, 4-in-1 card reader (SD, SDHC, SDXC, MMC)
Baterai Li-Polymer 40000 mWh
Sistem Operasi Windows 10 Home Single Language 64-bit
Dimensi 290 x 197 x 15,8 mm
Berat 1,1 kg
Lain-lain Non-backlit keyboard, tersedia dalam warna  hitam/putih, Webcam 720p, Speaker stereo Dolby DS 1.0

 

Kesimpulan

Sebagai salah satu varian dari seri Yoga, Lenovo Yoga 700 (11) merupakan pilihan bagi mereka yang menginginkan notebook 2-in-1 dengan desain ringkas dan ringan guna memudahkan aktivitas di luar ruangan atau yang sering bepergian.

Jika perangkat notebook dirasa kurang bagi produktivitas Anda, Lenovo Yoga 700 menawarkan fungsi lain berupa tablet yang bisa membuat segala kebutuhan komputasi modern Anda menjadi lebih lengkap. Didukung dengan fisik keren, notebook ini tidak hanya cocok menemani Anda saat bekerja namun juga saat bersantai.

Menggunakan spesifikasi entry level namun dengan teknologi terbaru, notebook ini cukup tangguh untuk memenuhi kebutuhan komputasi saat ini. Mulai dari aktivitas keseharian yang ringan seperti menjelajah internet, menyunting dokumen maupun foto, menjalankan aplikasi multimedia, hingga yang agak berat seperti desain grafis.

Apalagi meski memiliki layar berukuran kecil, dukungan resolusi full HD akan membuat mata Anda nyaman saat menjalankan konten multimedia definisi tinggi. Kenyamanan keyboard serta touchpad juga menjadi nilai lebih dimana hal ini terkadang sulit ditemui pada notebook berukuran kecil.

Dengan harga sekitar Rp 8.900.000, notebook ini bisa menjadi pesaing serius bagi perangkat notebook 2-in-1 lain yang beredar di pasaran.

Tags: , , , ,


COMMENTS