September 28, 2016

Ini yang Membuat Google Allo Menarik untuk Digunakan Sehari-Hari

Penulis: Desmal Andi
Ini yang Membuat Google Allo Menarik untuk Digunakan Sehari-Hari  

MOBITEKNO – Belum lama ini Google meluncurkan Google Allo, aplikasi instant messenger yang dapat berinteraksi dengan beberapa layanan Google lainnya. Aplikasi ini memang masih kalah pamor dengan Whatsapp yang menjadi aplikasi instant messenger paling populer saat ini. Namun, seperti aplikasi-aplikasi buatan Google lainny, tentunya ada yang membedakan dengan aplikasi Instant messenger lainnya. Apa saja kelebihannya?

Berikut ini, delapan fitur yang membuat Google Allo menarik untuk digunakan untuk menunjang aktifitas penggunanya sehari-hari.

1. Voice Message.

Seperti kebanyakan instant messenger lainnya, fitur voice message ini dapat digunakan dengan menekan simbol mikrofon. Pengguna cukup mengatakan sesuatu untuk berkomunikasi atau melakukan pencarian dalam Google Assstant. Google akan melakukan analisis dan selanjutnya hasilnya akan ditampilkan dengan cepat.

""

2. Fungsi search

Fungsi pencarian di Google Allo bisa masuk ke dalam detail percakapan. Dengan demikian, jika pengguna memiliki kontak yang sangat banyak, hanya dengan sekali ketik di bagian atas, mereka dapat mencari arsip percakapan yang dibutuhkan. Penggunaannya juga cukup mudah.

""

3. Sticker

Fungsi ini menambah ceria percakapan di instant messenger. Google memiliki lusinan paket stiker yang dibuat dengan tangan sehingga berbeda dengan stiker pada instant messenger lainnya. Menggunakan stiker ini juga dapat membuat suasana percakapan menjadi lebih hidup. Untuk menggunakannya cukup menekan tanda “+” di sebelah boks percakapan. Pengguna dapat menambah dan men-download stiker lainnya jika stiker yang ada belum memenuhi kemauan mereka.

""

4. Corat-coret di atas Gambar

Google Allo juga memiliki fungsi tambahan untuk gambar atau foto yang di-upload. Pengguna bisa menambah corat-coret di atas gambar sesuai dengan kemauannya. Setelah memilih gambar atau foto, tekan tanda pensil yang ada di bawahnya.

""

5. Mode Chat Rahasia (Incognito)

Pengguna Google Allo bisa melakukan komunikasi dua arah yang lebih aman dengan mengaktifkan mode Incognito. Mode ini akan mengenkripsi file percakapan yang dilakukan dua belah pihak. Selain itu, pesan percakapan pun akan dihapus secara otomatis satu jam setelahnya. Jika ingin lebih lama, durasi penghapusan pesan bisa diubah hingga satu minggu di menu setting.

""

6. Pengingat Harian

Di dalam Google Assistant, pengguna bisa mencari keadaan cuaca atau informasi lainnya yang dibutuhkan. Contohnya, saat ingin mengetahu suasana lalu lintas d sekitar kantor, cukup ketikkan “Traffic today”, Google Assistant pun akan menampilkan suasana lalu lintas jalan raya. Menaariknya, di bagian bawah pada hasil pencarian, pengguna bisa menemukan opsi “Daily Reminder”. Jika diaktifkan, informasi yang sama (seputar lalu lintas) dapat dihadirkan setiap hari kepada pengguna Google Allo.

""

7. Undangan melalui SMS

Sama seperti aplikasi instant messenger lainnya, Google Allo bisa mengandalkan kontak yang ada di smartphone untuk mengajak teman atau rekan lainnya menggunakan Google Allo. Cukup masukkan nomer telpon di Google Allo, teman yang dikirim akan menerima pesan undangan dalam SMS mereka.

""

8. Memanggil Email dari Salah Satu Kontak yang Ada

Melalui Google Allo, pengguna bisa mendapatkan email dari salah satu kontak yang ada. Contohnya, cukup ketikkan "Show me Emails from Agnes", Google Allo akan menampilkan email-email dari Agnes pada hari itu. Email hari-hari sebelumnya pun juga bisa dipanggil dari Google Assistant di Google Allo.

"" 

Sumber: 9to5Google

Tags: , , ,


COMMENTS