August 28, 2016

HokBen Luncurkan Aplikasi Pesan-Antar dari Smartphone

Penulis: Karyo
HokBen Luncurkan Aplikasi Pesan-Antar dari Smartphone  

MOBITEKNO – Setelah mempelajari dan menganalisa Customer experience journey dan seiring dengan perkembangan era digital dan khususnya peningkatan jumlah pengguna internet di  smartphone, HokBen baru-baru ini meluncurkan suatu aplikasi delivery lewat HokBen Apps.

HokBen apps adalah sebuah aplikasi di smartphone android untuk pemesanan paket-paket HokBen. Aplikasi ini merupakan penyempurnaan dari layanan HokBen delivery selain melalui call centre dan website yang telah lebih dulu ada.  “ Layanan pesan-antar melalui fitur HokBen Apps  ini adalah dalam rangka untuk menjawab kebutuhan konsumen yang sangat dinamis di era digital serta menuntut kepraktisan dan kemudahan. Kini konsumen bisa bebas memesan sajian HokBen di manapun dan kapanpun, HokBen dan konsumen hanya sejarak sumpit,” Francisca Lucky, Marketing Communication Group Head PT Eka Bogainti (HokBen), saat peluncuran HokBen Apps di Jakarta belum lama ini.

Senada dengan Francisca, Bayu Amus, seorang praktisi Customer Experience Design, mengungkapkan hal yang sama. “  Perubahan gaya hidup dan kemajuan teknologi di era digital menuntut orang untuk sebuah kepraktisan dan kenyamanan dalam kehidupan. Dengan semakin terjangkau dan andalnya koneksi internet, perangkat smartphone pun kini sangat berperan aktif untuk mempermudah dan menambah kenyamanan aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari,” ujar Bayu pada kesempatan yang sama.

“Dalam memberikan layanan yang berkualitas, sangat penting untuk menciptakan customer experience journey yang menyenangkan. Perilaku konsumen terus berubah, maka customer journey suatu produk atau jasa sewajarnya turut beradaptasi juga untuk bisa memfasilitasi dengan baik kebutuhan dan perilaku konsumennya. Oleh karena itulah HokBen melengkapi layanannya dengan menghadirkan  HokBen Apps, “ tambah Bayu.

Sementara itu menurut Jasata selaku Brand Activation Division Head PT Eka Bogainti (HokBen), dengan mengunduh aplikasi pada ponsel melalui HokBen Apps, konsumen dapat melakukan pesanan menjadi lebih mobile, dan konsumen dapat lebih nyaman tanpa takut salah memilih karena seluruh menu ditampilkan jelas dengan foto dan detil keterangannya, sama halnya seperti memesan di dalam outlet HokBen. ”Bahkan  konsumen juga dapat meninjau ulang pesanannya apakah sudah sesuai dan berapa total biayanya sebelum menyelesaikan dan memastikan  pesanannya,” ujar Jasata menjelaskan.

Lebih dari itu menurut Jasata , HokBen Apps yang dapat diunduh di Google Play Store dan akan hadir di App Store ini, memungkinkan konsumen melakukan pesan antar untuk hari yang sama ataupun untuk di hari mendatang. Sesuai dengan konsep ‘Love to Share. Share to Love’.  “Ke depannya, konsumen dapat berbagi dengan orang terkasih yang berada di luar kota yang terjangkau oleh outlet HokBen yang tersebar di 150 outlet HokBen di Jawa dan Bali,” ujar Jasata lagi.

Jasata juga menjelaskan, dengan layanan baru HokBen Apps tersebut diharapkan dapat meningkatkan jumlah penikmat HokBen sebesar 20%. Bahkan menurut Jasata peningkatannya bisa lebih besar lagi. Hal itu karena bisa juga terkoreksi dari jumlah penikmat HokBen melalui outlet yang kini perbandingannya 50% melalui outlet dan 50% melalui layanan delivery.

Keoptimisan Jasata, rupanya didukung oleh data pengguna internet yang saat ini jumlahnya mencapai 100 jt lebih, dan trendnya akan meningkat terus. Di samping itu didukung pula oleh data yang menunjukan trend peningkatan penggunaan internet lewat smartphone. Menurut data yang dilansir di media, menunjukan bahwa jumlah pengguna internet melalui PC dan Tablet mengalami penurunan sebesar 37-41%,  sementara pengguna melalui smartphone mengalami peningkatan yang cukup signifikan, sebesar 41%.  

 

Tags: , , ,


COMMENTS