July 28, 2016

Nokia Perkenalkan Solusi Public Safety LTE, Korea Selatan Sudah Mulai Adopsi

Penulis: Eko Lannueardy
Nokia Perkenalkan Solusi Public Safety LTE, Korea Selatan Sudah Mulai Adopsi  

MOBITEKNO – Saat ini, jaringan internet berkecepatan tinggi yang mengusung teknologi 4G LTE mulai populer di Tanah Air. Hal ini terlihat dari sejumlah operator telekomunikasi di Tanah Air yang sudah mengadopsi teknologi tersebut untuk memberikan layanan optimal kepada penggunanya.

Namun perlu diketahui oleh kita semua, teknologi 4G LTE tak hanya bermanfaat bagi operator telekomunikasi saja. Teknologi yang sering kita sebut broadband super speed ini sebenarnya juga dapat dimanfaatkan oleh banyak industri, termasuk layanan keselamatan publik di dalamnya.

Melihat hal itu, Nokia yang berkerjasama dengan berbagai lembaga keselamatan publik untuk menggelar teknologi 4G LTE guna mendukung beberapa aplikasi yang dikembangkannya, salah satunya komunikasi video push-to-talk (PTT). Lewat solusi ini, harapannya penanganan sejumlah bencana dapat berjalan optimal dan cepat.

Leo Darmawan, Head of Mobile Broadband Solution, Nokia Indonesia menegaskan bahwa sebuah penanganan bencana alam, seperti kebakaran, banjir besar atau sebagainya harus bisa ditanggulangi dengan cepat. Terkadang, faktor komunikasi yang dapat menghambat penanganan tersebut.

"Untuk membantu otoritas keamanan publik guna menangani sebuah bencana alam, Nokia memiliki solusi Public Safety LTE (PS LTE). Memanfaatkan kemampuan teknologi 4G LTE, solusi ini memungkinkan seluruh tim yang bekerja di lapangan dapat berkomunikasi dengan lancar sehingga penanganan bantuan bisa berjalan optimal," ujar Leo.

Salah satu aplikasi yang sudah dikembangkan terkait dengan PS-LTE racikan Nokia adalah PS-LTE Command Center yang mengusung konsep komunikasi push-to-talk. Lewat aplikasi ini, seluruh percakapan dapat dilakukan dengan mudah. Menariknya, tak hanya suara, percakapan juga dapat dilakukan dalam bentuk video conference.

Leo menambahkan, di Indonesia solusi ini baru sebatas diperkenalkan. Harapannya, solusi PS-LTE yang ditawarkan oleh Nokia dapat disambut positif oleh oleh pemerintah dan lembaga terkait. Dengan begitu, solusi ini juga dapat diimplemetasikan ke dalam konsep Smart City yang saat ini sedang digaungkan.

Solusi PS-LTE besutan Nokia sendiri saat ini sudah diadopsi oleh Korea Selatan. Seperti diungkapkan oleh Steve Park, Country Marketing Lead, Nokia Networks Korea bahwa negaranya melakukan ujicoba pemanfaatan solusi ini sejak kuartal kedua 2015 dan saat ini sudah berjalan di tiga kota di provinsi Gangwon.

"Banyak hal positif yang diterima oleh pemerintah provinsi Gangwon ketika mereka mulai menerapkan solusi PS-LTE. Ditahun ini, kami akan menerapkan solusi tersebut di beberapa kota kecil lainnya di Korea Selatan. Puncaknya, pada tahun 2017 nanti pemanfaatan PS-LTE ini akan hadir di kota-kota besar," pungkas Park. 

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS