June 28, 2016

First Media Luncurkan Saluran 4K Ultra-HD Pertama di Indonesia

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
First Media Luncurkan Saluran 4K Ultra-HD Pertama di Indonesia  

MOBITEKNO – Selain menghadirkan layanan Internet berkecepatan 1Gbps, First Media juga meluncurkan konten siaran berkualitas 4K atau Ultra HD 4K (UHD 4K yang mengusung resolusi video 3,840 x 2,160 pixel. Untuk bisa menghadirkan konten 4K tersebut langsung ke pelanggannya di Indonesia, First Media meluncurkan STB (Set-Top Box) generasi terbarunya, yaitu X1 4K Box.

Menurut Desmond Poon, Chief Technology Officer Link Net, saat ini baru ada dua saluran 4K yang sudah bisa dinikmati pelanggan First Media (yang telah memakai STB X1 4K Box). Menurutnya, berbagai saluran (channel) berformat 4K lainnya akan segera dihadirkan tahun ini juga. Begitu pula dengan video 4K dari layanan VOD (Video on Demand) juga akan dihadirkan dalam waktu dekat.

X1 4K Box yang berbasis Android 5.0 (Lollipop) ini merupakan STB (Set-Top Box) pertama di Indonesia yang telah mendapatkan sertifikasi resmi dari Google dan telah berstandar Dolby 5.1 Certified.

Selain telah mengusung fitur yang ada pada STB X1 HD sebelumnya (akses Internet, Google App Store, konten TV berbayar, YouTube, dan game), STB terbaru X1 4K Box juga membawa sejumlah fitur baru. Selain dukungan format 4K, fitur-fitur baru lainnya di antaranya dukungan aplikasi OTT, VOD (Video on Demand), Mirror Casting, Personal Video Recorder (PVR), Gaming dan VoIP (Voice Over Internet Protocol).

Irwan Djaja, Presdir PT Link Net Tbk. Mengatakan, “Teknologi televisi mengalami perkembangan yang sangat cepat. Setelah televisi dengan format HD, kini hadir televisi UHD yang memiliki resolusi lebih tinggi. Untuk itu, First Media menghadirkan X1 4K Box yang memberikan pilihan bagi konsumen dalam menikmati hiburan dalam format UHD yang lebih luar biasa.

“Ke depannya, First Media akan terus berinovasi dalam mendukung teknologi terbaru dalam dunia televisi, maupun internet untuk terus memberikan kenyamanan dan pengalaman multimedia terdepan bagi para pelanggan kami,” tambah Irwan.

X1 4K Box juga menyertakan remote control terbaru yang menyediakan berbagai kemudahan bagi penggunanya dalam memprogram rekaman konten video dengan mudah. Selain menyediakan fasilitas keyboard di sisi lainnya (di baliknya), remote control ini juga menyediakan tombol navigasi khusus yang bisa dipakai bermain gaming.

X1 4K Box juga bisa dikontrol via smartphone Android atau iOS. Pelanggan bahkan bisa menampilkan gambar yang ada di smartphone ke TV secara langsung melalui fitur terbaru ‘Throw Content’.

Pelucuran STB terbaru FirstMedia X1 4K Box merupakan salah satu agenda dari acara ‘NeXt Generation First Media’ bertema #AlwaysFirst yang berlangsung dua hari (24-25 Juni 2016). Pada acara yang diprediksi akan dikunjungi 32 ribu orang ini akan memperlihatkan berbagai kecanggihan inovasi terbaru First Media bagi konsumen di Indonesia.

Selain merilis STB X1 4K Box yang mendukung konten 4K, Firstmedia juga meluncurkan layanan Mach 1 (Internet berkecepatan 1 Gbps), saluran 4K Ultra HD, dan First Media X yang merupakan layanan OTT terbesar dengan lebih dari 110 Channel.

Semua pelanggan First Media yang datang ke acara ini akan mendapatkan ‘Free All Channels’ dan ‘Free Speed Upgrade’, voucher senilai ratusan juta rupiah, dan ‘Exclusive Invitation’ untuk merasakan ‘First Media NeXt Generation Experience’.

 

Tags: , , , , , , , , , ,


COMMENTS