March 28, 2016

Ngobrol dengan Multi Akun WhatsApp, Telegram, atau Messenger dalam Satu Aplikasi? Gunakan Franz

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Ngobrol dengan Multi Akun WhatsApp, Telegram, atau Messenger dalam Satu Aplikasi? Gunakan Franz  

MOBITEKNO – Masih ingat dengan aplikasi Trilian, Meebo, eBuddy, atau IM+ di era Windows tahun 2000-an lalu? Semua aplikasi tersebut hadir untuk memudahkan pengguna PC menggunakan berbagai layanan instant messaging (IM), seperti Yahoo! Messenger, AIM, Hotmail, Google Talk, ICQ, dan lain-lain.

Meski beberapa instant messaging (IM) tadi mulai ditinggalkan pengguna di era mobile saat ini, bukan berarti kebutuhan aplikasi, seperti Trilian yang bisa menggabungkan beragam platform messaging dalam satu aplikasi menjadi tidak penting dan relevan lagi.

Demikian menurut pendapat developer aplikasi baru, Franz, yang berfungsi mirip aplikasi Trilian tapi kini datang dengan dukungan layanan mobile messaging yang populer saat ini, mulai dari WhatsApp, Telegram, Skype, Facebook Messenger, Slack, Grape, HipChat, hingga Google Hangouts.

Menurut, Stefan Malzner dan Jonathan Burke, dua developer asal Austria dibalik aplikasi Franz, salah satu alasan mereka membuat Franz adalah untuk mempermudah pengguna dalam melakukan komunikasi menggunakan berbagai jenis plaform messaging. Tidak jarang pengguna harus direpotkan karena ‘terjebak’ dalam penggunaan beragam aplikasi dan windows browser saat ingin berbicara (chat) dengan teman, saudara, atau koleganya.

Selain mendukung berbagai platform messaging, Franz juga memungkinkan pengguna melakukan proses sign-in memakai lebih dari satu akun dalam satu layanan. Misalnya, jika pengguna ingin login ke kedua akun Gmail-nya (akun probadi dan akun kantor), Ia cukup menambahkan layanan baru untuk akun yang Gmail keduanya.

Setiap platform bekerja secara terpisah dalam sebuah tab dalam mode ‘sandboxed’. Franz yang diklaim pembuatnya bisa mendukung jumlah login yang tidak terbatas untuk satu platform messaging saat ini telah tersedia untuk tiga sistem operasi desktop, yakni Windows (32 bit/64 bit), Mac OS X, dan Linux (32 bit/64 bit).

 

Tags: , , , , , , , , ,


COMMENTS