January 28, 2016

Buka Lebar Akses Teknologi Grafisnya bagi Developer, AMD Hadirkan Inisiatif GPUOpen

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Buka Lebar Akses Teknologi Grafisnya bagi Developer, AMD Hadirkan Inisiatif GPUOpen  

MOBITEKNO – Pasar GPU di PC atau notebook saat ini hanya didominasi tiga pelaku industri. AMD, Nvidia, dan Intel. Industri grafis/GPU merupakan satu dari dua andalan binsis AMD selama ini di samping produk CPU.

Dalam persaingan di sektor grafis, AMD belum lama ini melakukan inisatif dalam merangkul mitranya lebih luas lagi. Inisatif yang disebutnya GPUOpen punya misi untuk menyediakan akses ke pihak lain ke berbagai kode dan dokumentasi teknologi grasisnya ke developer (pengembang) PC.

GPUOpen akan mencakup dua hal. Cakupan pertama menyangkut Game dan CGI (Computer-generated imagery) untuk grafis game dan content creation. Kedua menyangkut Professional Compute untuk GPU computing performa tingga dalam aplikasi profesional.

GPUOpen akan menyediakan kode dan dokumentasi untuk developer PC developer agar bisa lebih dalam mengontrol berbagai aspek GPU. Inisiatif ini akan berdampak, baik pada arsitektur GCN saat ini maupun arsitekturnya mendatangnya, seperti Polaris.

AMD mencoba menarik para developer dalam menggali lebih jauh potensi dan fitur yang selama ini ada pada API (Application Programming Interface) PC graphics. Insiatif ini juga akan memudahkan proses porting game console saat ini ke platform PC.

Pada intinya GPUOpen mengedepankan paradigma software open source yang banyak diadopsi berbagai industri TI saat ini. Dalam rangka mendukung inovasi dan pengembangan teknologi grafis dan optimalisasi PC game, website GPUOpen (GitHub atau lainnya) akan menyediakan akses lebih dalam dan fleksibel bagi para developer ke berbagai tool, library, dan standar efek yang dimilki grafis AMD selama ini.

 

 

Tags: , , , ,


COMMENTS