September 27, 2016

Update Chrome Android dan Google Playstore Akan Bisa Digunakan di Koneksi Lambat

Penulis: Desmal Andi
Update Chrome Android dan Google Playstore Akan Bisa Digunakan di Koneksi Lambat  

MOBITEKNO – Google telah mengembangkan browser mereka, Chrome, untuk perangkat Android supaya bisa lebih fleksibel digunakan dalam kondisi kecepatan jaringan apapun. Tidak hanya Chrome, Google juga mengembangkan toko online mereka, Google Playstore supaya bisa digunakan di kondisi yang sama (koneksi lambat).

Google merasa fitur ini penting karena tidak semua negara memiliki kecepatan Internet yang kencang. Oleh sebab itu, perusahaan teknologi ini menampilkan fitur Data Saver Mode agar browser bisa digunakan dengan nyaman, walau di kondisi jaringan internet yang lambat. Jadi, jika pengguna Internet ada di area yang masih menggunakan jaringan 2G misalnya, mereka tetap dapat mengakses video streaming dengan nyaman. Chrome dapat menyesuaikan kecepatan streaing dengan kondisi jaringan yang ada sehingga video dapat diputar dua kali lebih cepat dibandingkan tanpa menggunakan fitur ini. Data pun dapat dihemat hingga 90 persen.

Google juga akan menyuguhkan fitur Download baru yang memungkinkan Chrome di Android membuat aplikasi lainnya lebih berguna karena konektivitas yang minim atau bahkan tidak ada sama sekali. Pengguna Internet dapat men-download seluruh halaman web, termasuk video, musik, dan gambar secara otomatis. Proses download pun bisa beroperasi saat konektivitas mengalami gangguan.

Satu lagi yang mengalami peningkatan fungsi adalah Google Playstore. Sama seperti Chrome, Playtore juga akan dapat digunakan nyaman di kondisi miskin koneksi sekalipun. Fitur yang mereka sebut “Fast Browsing” ini akan mengambil bagian-bagian web yang penting terlebih dahulu melalui jaringan Wi-Fi sehingga saat digunakan di jaringan operator yang lambat, Playstore tetap dapat digunakan dengan nyaman. Fitur lainnya yang akan diperkenalkan adalah ‘Wait for Wi-Fi”. Fitur ini akan menahan proses download dan update aplikasi sampai pengguna pengguna terhubung ke jaringan Wi-Fi.

Rencananya, fitur-fitur ini akan dimasukkan ke dalam Google Chrome terbaru, versi 54. Versi ini sudah direncanakan akan dirilis oleh Google pada pertengahan Oktober. Namun, untuk Google Play Fast browsing sudah tersedia di negara India saat ini. Untuk negara lainnya akan menyusul belakangan.

Sumber: The Verge

Tags: , , ,


COMMENTS