July 27, 2016

Rayakan Ulang Tahun Ke-5 Blibli Adakan The Big Start Indonesia

Penulis: Desmal Andi
Rayakan Ulang Tahun Ke-5 Blibli Adakan The Big Start Indonesia  

MOBITEKNO – Bekerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), Blibli.com mengadakan kompetisi untuk mencari pengusaha kreatif lokal dengan produk terbaiknya. Kompetisi yang dinamakan The Big Start Indonesia ini diresmikan pada Senin, 25 Juli 2016 di Hotel Kempinski Jakarta, walaupun pendaftarannya sudah dibuka untuk umum mulai bulan Juni 2016 lalu. Masyarakat Indonesia yang memiliki dan sudah menjalani sebuah usaha bisa mengikuti kompetisi ini secara gratis dan pendaftarannya dibuka hingga 10 Agustus 2016.

Para pengusaha kreatif ini diwajibkan untuk mendaftarkan produk yang sudah benar-benar dihasilkannya. Jadi, tidak boleh dalam bentuk konsep saja. Para peserta kompetisi akan mengadu kreativitas, misi, dan tujuan untuk meyakinkan para juri sehingga mereka bisa menjadi pemenang dan membawa modal usaha total sebesar Rp 1 miliar.

“Saat ini semakin banyak generasi muda Indonesia yang mengeluarkan kreatifitas mereka dan menuangkannya ke dalam bentuk bisnis. Bisnis ini mereka jalani dari awal, dari hanya mempromosikannya ke orang-orang terdekat hingga menggunakan sosial media,” kata Kusumo Martanto selaku CEO Blibli.com. “Blibli.com melihat ini sebagai sebuah tren yang harus didukung. Tren ini sesuai dengan komitmen kami yang ingin memberdayakan para pengusaha kreatif ini dengan memberikan dukungan agar mereka bisa semakin maju dan produk mereka bisa dipasarkan lebih luas lagi,” tambah Kusumo.

BEKRAF selaku lembaga pemerintahan yang membawahi industri kreatif turut mendukung usaha dari Blibli.com dalam mendorong para pengusaha kreatif ini. Oleh sebab itu, 20 peserta yang tersaring akan mendapatan sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HKI) secara cuma-cuma.

“Kami senang bekerjasama dengan Blibli.com dalam kampanye The Big Start Indonesia ini karena dengan kompetisi seperti ini, para pengusaha kreatif mendapat kesempatan untuk menunjukkan produk terbaik mereka,” kata Triawan Munaf, kepala BEKRAF. “Nantinya mereka bisa mendapatkan bimbingan langsung dari ahli bisnis, perlindungan kekayaan intelektual dan berkesempatan untuk memasarkan bisnis mereka ke tahap selanjutnya,” tambah Triawan.

Di kompetisi ini, para pendaftar akan disaring menjadi 100 peserta terlebih dahulu sebelum mencapai 20 peserta di tahap akhir. Untuk tahap terakhir ini ke-20 peserta akan masuk ka fase inkubasi yang berlangsung di Jakarta dan akan menjalani pembekalan bisnis oleh para mentor yang sudah berpengalaman, seperti Daniel Mananta (founder dan CEO Damn! I Love Indonesia), Stephanie Yoe (Global Ambassador untuk Indonesia & Business Development Manager Blibli.com), Renitasari Adrian (Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation), dan Henry C Widjaja (Ketua Pengurus Yayasan Dharma Bhakti Astra).

“Kami berharap The Big Start Indonesia akan menjadi pemicu lahirnya pengusaha kreatif baru di Indonesia,” tutup Kusumo Martanto.

Tags: , , ,


COMMENTS