June 27, 2016

Dunia Sales Bisa Bertransformasi ke e-Commerce, Tetapi Tidak dengan After Sales

Penulis: Desmal Andi
Dunia Sales Bisa Bertransformasi ke e-Commerce, Tetapi Tidak dengan After Sales  

MOBITEKNO – Selama ini bidang after sales dalam industri otomotif kedudukannya sering dinomorduakan, baik oleh pelaku industri maupun para konsumen. Padahal After Sales tidak kalah pentingnya dalam merawat sebuah produk kendaraan hingga bisa tetap prima dalam kurun waktu yang lama.

“Bayangkan, sales itu bekerja dalam beberapa bulan. Keberhasilan sales adalah sampai produk diterima ke tangan konsumen,” ujar Davy J Tuilan, 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) saat berbuka puasa dengan media, Juma 24/6/2016. “Bayangkan dengan dunia after sales. Bidang pekerjaan ini bisa berjalan hingga bertahun-tahun setelah sebuah mobil ada di tangan konsumen,” tambah Davy.

Dunia Sales yang saat ini mulai mengalami perubahan ke era digital pun tampaknya tidak akan bisa mempengaruhi after sales. Sales bisa digantikan dengan sistem e-Commerce yang akan membawa perubahan besar dalam penjualan sebuah produk otomotif. Data dan detail produk bisa dirasakan langsung melalui sistem online.

“After sales itu tidak bisa digantikan dengan sistem e-Commerce. Apa memang mau, konsumen merawat kendaraannya hanya dengan sistem online?” pungkas Davy. “Oleh sebab itu, dunia after sales sampai sepuluh tahun ke depan tampaknya tidak akan berubah. Hanya saja, layanan kepada konsumen harus semakin ditingkatkan,” tutup Davy.

Tags: , , , , ,


COMMENTS