May 27, 2016

LinkedIn: Pekerja Profesional Indonesia Pede Dalam Bercerita Tentang Pencapaian Karier

Penulis: Eko Lannueardy
LinkedIn: Pekerja Profesional Indonesia Pede Dalam Bercerita Tentang Pencapaian Karier  

MOBITEKNO – LinkedIn, jaringan profesional terbesar hari ini, (27/5) merilis studi baru yang berjudul Your Story @ Work. Dalam studi tersebut, LinkedIn mengungkap pentingnya peran profil profesional online bagi para pekerja profesional yang ingin mengembangkan karier mereka lebih lanjut.

Berdasarkan hasil studi LinkedIn, sebanyak 74% pekerja profesional di Indonesia mempercayai bahwa berbagi cerita tentang pencapaian sangat berpengaruh penting terhadap perkembangan karier mereka. Jumlah tersebut di atas rata-rata dunia yang hanya 69%.

Hal tersebut juga disokong oleh pedenya para pekerja profesional di negara ini dalam hal menceritakan pencapaian karier. Menariknya, dalam hal ini, Indonesia memiliki jumlah pekerja profesional dengan tingkat kepercayaan diri tertinggi ketiga di dunia (52%) mengekor Tiongkok (54%) dan India (55%), dan jauh melampaui rata-rata dunia (35%).

Laporan tersebut juga mengungkapkan bagaimana cerita tersebut memang mendapat perhatian dari para perekrut. Sebanyak 78% pengambil keputusan dalam proses rekrutmen di Indonesia mengatakan bahwa mereka selalu melihat profil LinkedIn milik kandidat potensial.

Profil profesional online juga bisa menjadi penentu dalam mendapatkan kesempatan wawancara. Sebanyak 93% dari para pengambil keputusan dalam proses rekrutmen di Indonesia mengatakan, seseorang yang mampu menjelaskan tentang apa yang mereka lakukan untuk mencari nafkah, akan dapat melewati proses wawancara dengan hasil yang baik.

Membuat kesan pertama yang baik juga menjadi kunci sukses dalam berburu pekerjaan. Pada tahap membuat penaksiran awal ini, 64% pengambil keputusan dalam proses rekrutmen di Indonesia mengatakan bahwa mereka menilai kandidat berdasarkan profil online orang tersebut.

Pentingnya mendapatkan kesan pertama yang baik, sudah disadari betul oleh pekerja profesional di negara ini. 97% pekerja profesional di Indonesia mengatakan bahwa membuat kesan pertama yang baik itu penting selama proses pelamaran. Dan, hampir sepertiga atau 71% pekerja profesional di negara ini setuju bahwa sulit untuk mengatasi kesan pertama yang buruk.

Feon Ang, Senior Director, LinkedIn Talent Solutions, Asia Pacific menegaskan bahwa Indonesia memiliki pasar kerja yang sangat dinamis dan menawarkan begitu banyak kesempatan, karena itu diferensiasi semakin penting. Para pekerja profesional di Indonesia juga mampu melihat manfaat dengan membangun profil dan kesan yang baik di ranah online.

"Kemampuan dalam mengomunikasikan cerita serta pencapaian karier secara online, akan membantu pekerja profesional untuk bersaing dan juga sukses di berbagai hal yang mereka lakukan. Memanfaatkan kekuatan dari platform profesional sosial seperti LinkedIn, akan menghubungkan mereka dengan beragam kesempatan lainnya," jelas Ang.

 

Tags: , , ,


COMMENTS