May 27, 2016

Car Video Recorder Drive Pro 200: Blackbox untuk Kendaraan Anda

Penulis: Desmal Andi
Car Video Recorder Drive Pro 200: Blackbox untuk Kendaraan Anda  

MOBITEKNO – Car Video Recorder memang masih kurang populer di Indonesia. Padahal, fungsinya cukup penting. Tidak hanya untuk merekam perjalanan dengan mobil, alat ini sebenarnya dapat berfungsi sebagai bukti jika mobil yang dikendarai mengalami musibah kecelakaan. Bahkan, di beberapa negara, perekam video di mobil ini sudah dipasangkan ke jasa asuransi mobil karena dapat menjadi bukti akurat saat pemilik mobil melakukan klaim asuransi setelah terjadi kecelakaan.

Transcend tampaknya mengerti akan kegunaan alat ini di masa yang akan datang. Melalui Transcend Car Video Recorder Drive Pro 200, Transcend menawarkan salah satu fungsi keamanan berkendara kepada para pemilik mobil dengan cara melakukan perekaman saat mobil melakukan perjalanan. Bentuknya yang kompak ditambah kemampuan merekam dalam beberapa resolusi video, membuat alat ini cukup nyaman digunakan menemani perjalanan, baik sendiri maupun bersama keluarga.

Mengingat fungsinya sebagai alat perekam kejadian saat berkendara, untuk kondisi lalu lintas yang padat seperti Jakarta, tampaknya Transcend Car Video Recorder Drive Pro 200 ini sangat layak digunakan di dalam mobil. Apalagi alat ini didukung micro SD yang cukup besar sehingga dapat menyimpan banyak kejadian di jalan raya.

Kelengkapan

Saat Mobitekno mendapatkan perangat video perekam ini, kami langsung membukanya. Paketnya didesain sangat kompak sehingga mudah dipegang dengan satu tangan. Saat dibuka, ternyata paket perekam ini hadir lengkap dengan peralatan pendukung lainnya seperti bracket dan kabel  power yang sangat panjang. Bahkan, di dalamnya juga sudah dilengkapi Micro SD berukuran 16 GB.

Lengkapnya, isi paket yang kami terima adalah sebagai berikut:

  1. perangkat kamera perekam video berwarna hitam
  2. Bracket holder untuk menempelkan kamera di kaca depan.
  3. Kabel power yang panjang mengarah ke lighter di dalam mobil.
  4. Kabel video RCA
  5. Buku petunjuk singkat
  6. Buku garansi.

Desain

Transcend Car Video Recorder Drive Pro 200 hadir dalam bentuk kamera yang cukup kompak. Dengan ukuran 67 mm x 72 mm x 34 mm dan berat 89 gram, kamera ini cukup kecil digunakan sebagai alat perekam perjalanan. Bodinya terbuat dari bahan plastik dengan model seperti kamera digital saku. Lensanya sedikit menonjol keluar dibalut frame dengan bahan krom.

Jika diletakkan berdiri, sisi-sisinya terdapat beberapa slot penting untuk berbagai kebutuhan. Di salah satu sisi terdapat konektor listrik DC 5V untuk menghubungkan kabel power dengan colokan lighter di mobil Anda. Di bawahnya terdapat juga konektor untuk Video Out yang bisa melihat hasil rekaman di perangkat display lainnya yang lebih besar, seperti TV atau monitor.

Di sisi lainnya terdapat slot untuk memasukkan micro SD sebagai media penyimpan file video yang akan direkam melalui kamera ini. Di sampingnya terdapat tombol darurat (SOS) yang dioperasikan secara manual jika terjadi sebuah kejadian. Default-nya, kamera akan merekam kejadian darurat dalam beberapa detik jika sensornya menangkap gerakan mendadak dari mobil.

Di bagian atas kamera ini terdapat slot untuk untuk menempelkam kamera dengan bracket holder agar bisa dipasang di kaca mobil atau dashboard kendaraan.

Di bagian belakangnya, terdapat layar LCD berukuran 2,4 inci dengan empat tombol di bawahnya. Ukuran LCD ini sudah cukup untuk membantu Anda guna megatur setting kamera yang diinginkan. LCD ini juga berguna untuk melihat keadaan di depan lensa dan melihat hasil rekaman sementara.

Empat tombol di bawahnya memiliki fungsi yang berbeda. Tombol paling kiri berfungsi sebagai tombol power untuk mematikan dan menyalakan kamera. Default-nya kamera akan langsung aktif dan merekam saat kabel power dihubungkan ke sumber listrik di dalam mobil. Dua tombol setelahnya merupakan tombol navigasi untuk setting kamera. Sementara itu, satu tombol paling kanan berfungsi untuk mengaktifkan fitur Wi-fi direct yang dimiliki kamera ini agar bisa tersambung dengan smartphone.

Untuk kabel powernya sendiri, transcend sudah menyediakan kabel dengan panjang 2 meter. Dengan demikian, Anda bisa meletakkan kamera di tengah dan mengatur kabel melewati pilar A agar tidak mengganggu proses berkendara.

Berbeda dengan kabel power, kabel video untuk menghubungkan kamera ini dengan TV atau monitor justru berukuran sangat pendek, sekitar 10-12 cm. Jadi, jika TV atau monitor Anda tidak memiliki konektor video di samping, kamera harus siap menggantung di bagian belakang TV.

Dari sisi kemasannya, paketnya sangat rapi. Setelah membuka kardus luarnya, Anda masih menemukan kardus dalam yang didesain sangat kompak untuk penempatan berbagai perlengkapan pendukung kamera perekam ini.

Fitur

Sebagai alat perekam video perjalanan, tentunya ada banyak fitur dan kemampuan yang terdapat dalam kamera ini. Namun, agar alat ini bisa berfungsi, terlebih dahulu Anda harus mengoneksikannya dengan sumber listrik di mobil lalu menempelkan kamera ini di kaca depan atau dashboard mobil Anda.

Salah satu kelebihan kamera ini adalah kemampuannya dalam merekam video full HD 1080 dan HD 720. Namun, untuk mendapatkan hasil rekaman maksimal, Anda bisa menggunakan resolusi full HD ini. Kemampuan HD-nya juga masih daitambah dengan jenis lensa yang wide. Jadi, hasil rekaman bisa menangkap objek lebih luas.

Di sisi penyimpanan hasil rekaman, kamera ini berbeda dengan kamera digital yang sering kita gunakan. Transcend Car Video Recorder Drive Pro 200 merekam video dan menyimpannya dalam beberapa file, sesuai dengan waktu penyimpanan yangs udah Anda tentukan di menu setting. Mengapa harus dipecah dalam beberapa file? Memang, karena ditujukan untuk keamanan, dengan dipisahnya file dalam beberapa bagian, jika terjadi masalah pada file hasil rekaman, seluruh video hasil rekaman tidak akan rusak. Waktu terlama untuk perekaman yanitu 5 menit. Jadi, setiap 5 menit perekaman file akan di simpan di micro SD. Bagaimana jika sudah menekati batas kapasitas kemampuan micro SD? Kamera ini akan terus menyimpannya dengan sistem rolling. Jadi, sudah encapai batas maksimal kapasitas micro SD, file yang baru akan menimpa file di awal perekaman, dan ini akan terus berlanjut seterusnya.

Sebagai alat keamanan berkendara, Drive Pro 200 juga dilengkapi dengan G-Sensor yang memiliki 3 tingkat sensitivitas. Fungsinya, sensor akan bereaksi saat mobil melakukan pergerakan atau pengereman mendadak. Secara otomatis kamera akan merekam dalam mode SOS (darurat). Menurut Mobitekno, fitur ini sangat membantu pengemudi untuk mengetahui detail kejadian jika terjadi musibah atau kejadian yang tidak diinginkan di depan mobil. Menarikya, file-file hasil rekaman mode SOS ini disimpan dalam folder khusus yang diproteksi sehingga tidak mudah untuk dihapus.

Salah satu fungsi yang menjadi pembeda kamera ini dengan kamera lain yang sejenis adalah keberadaan Wi-fi direct. Jika diaktifkan, kamera dapat terhubung dengan perangkat smartphone. Namun, Anda harus men-download aplikasinya terlebih dahulu di Google Playstore atau Apple Store (bagi penguna iPhone). Jika sudah terhubung, semua pengaturan kamera bisa dilakukan dari smartphone. Mula dari pemilihan resolusi, mengaktifkan fungsi perekaman, memilih tingkat G-sensor, dan pengaturan lainnya bisa dilakukan dengan lebih mudah. Dengan demikian, Anda tidaak perlu menyentuh kamera yang sudah terpasang di dashboard atau kaca depan karena semua fungsinya bisa di-remote melalui smartphone.

Performa

Hasil kamera dengan pemilihan resolusi full HD 1080 terlihat sangat bersih dan terang. Lensanya yang wide dengan sudut tangkap 160 derajat, membuat banyak objek bisa dilihat dalam video rekamannya. Walau masih berjalan di 30 fps, tetapi pergerakannya terbilang lembut.

Untuk keadaan malam hari, kamera juga tetap dapat menampilkan hasil yang mengagumkan. Objek yang tertangkap masih jelas terlihat, tidak gelap. Menariknya, saat digunakan pada malam hari dan mendadak posisi berubah dari keadaan gelap ke terang (akibat cahaya lain), kamera dapat menyesuaikan diri sehingga gambar yang didapat tidak memiliki cahaya yang berlebih.

contoh resolusi 720

Untuk storage micro SD, kami menyarankan untuk menggunakan micro SD yang memiliki kualitas tulis yang baik. Oleh sebab itu, ada baiknya gunakan micro SD dengan standar level (class) 10 ke atas. Transcend juga tidak membiarkan firmware kamera tetap dengan keadaan bawaannya. Saat digunakan Mobitekno, firmware kamera dapat diupdate. Namun, untuk proses update ini, kamera harus terhubung dengan smartphone.

contoh resolusi Full HD 1080

Mungkin, tujuan awal Transcend membuat device ini adalah mengkhususkan diri pada perekaman video saja. Jadi, di dalamnya tidak ada fungsi untuk pengambilan gambar diam (foto). Semua direkam dalam mode video.

Spesifikasi

Bentuknya yang kompak dan ramping serta ringan membuat Transcend Car Video Recorder Drive Pro 200 ini seperti kamera mainan. Namun, di dalamnya memilki spesifikasi yang cukup andal. Berikut ini spesifikasi yang ada di kamera Drive Pro 200 buatan Transcend ini.

Dimensi 67mm × 72mm × 34.3mm (2.64 x 2.83 x 1.35 inches)
Berat 89 g (3.13 oz)
Ukuran display 2.4″ color LCD
Sensor Low-light sensitivity CMOS, 3 mega-pixel
Lensa ƒ/2.0, 160° wide angle
G-Sensor 3-axis
Microphone Built-in
Speaker Built-in
Resolution/Frame rate Full HD (1920×1080) 30fps
HD (1280×720) 30fps
Format Video H.264 (MOV: up to 1920×1080 30fps)
Memory Card Support MLC-based microSD card, 8GB/16GB/32GB (Class 10 or above)
Connection Interface USB 2.0
Power Supply Input: DC 12V~24V
Output: DC 5V 1A
Network Interface Wi-Fi 802.11b/g/n

 

Kesimpulan

Transcend Car Video Recorder Drive Pro 200 bukan hanya sekadar kamera yang merekam perjalanan Anda dengan mobil atau kendaraan. Akan tetapi, alat ini dapat menjadi ‘blackbox’ untuk perjalanan darat Anda. Saat mengalami musibah menabrak atau tertabrak kendaraan lain, Anda memiliki bukti-bukti yang jelas. Cukup putar fungsi preview, rekaman dapat diputar di layar LCD yang berukuran 2,4 inci atau di layar smartphone jika kamera terhubung dengan smartphone melalui Wi-fi direct.

Hasil rekamannya juga cukup jernih dan bersih. Dengan demikian, melihat hasil rekaman menjadi lebih menyenangkan, tidak perlu memicingkan mata karena ada objek yang sulit untuk dilihat. Untuk melihat hasil rekamannya, Anda juga bisa menggunakan kabel video dan mengoneksikannya dengan TV sehingga video bisa ditonton dengan lebih nyaman.

Sebagai media keamanan untuk berkendara, file-file hasil rekaman disimpan dalam folder khusus. Jadi, jangan khawatir jika Anda menghapus file-file rekaman lainnya secara manual. File hasil rekaman darurat hanya bisa dihapus saat micro SD dihubungkan ke PC atau notebook.

Jika tidak ingin difungsikan untuk merekam kejadian luar, Anda pun dapat memutarnya menghadap ke dalam kabin. Dengan begitu, keceriaan Anda dan keluarga saat melakukan perjalanan jauh dapat diabadikan dalam format video. Namun tetap, rekaman terpecah-pecah sesuai waktu penyimpanan yang sudah Anda tentukan di menu setting.

Tags: , , ,


COMMENTS