April 27, 2016

Dari Modal Kecil, Kini Menjadi Dealer Resmi Goodyear

Penulis: Karyo

Melalui prinsisp-prinsip itulah, usaha bengkel Piet yang lahir pada tahun 1994, dalam dua tahun sudah bisa membuka bengkel keduanya di kawasan Lippo Karawaci Tangerang. Bahkan kini, bengkel yang cukup luas  ini telah menjadi Bengkel dengan status bengkel jaringan Goodyear AutoCare.

Dengan status tersebut, Betawi Ban tentu mendapat dukungan penuh dari pihak Goodyaer, berupa pelatihan-pelatihan bagi karyawannya serta dukungan manajemen lainnya. Sebagai  mitra Goodyear, Betawi Ban pun mendapat dukungan lainnya berupa fasilitas networking dengan mitra-mitra jaringan Goodyear AutoCare lainnya yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Meski perjalanan Piet tidak semulus jalan tol, usaha milik Piet ini telah melewati masa-masa krisis dan sekarang masih eksis dan bahkan bisa bertambah satu lokasi lagi.

Awalnya, usaha milik Piet ini hanya bengkel kecil dengan layanan tambal ban, jual ban, dan ganti oli saja, serta hanya dikelola oleh tiga orang, termasuk Piet sendiri. Modalnya pun tergolong modal nol. Piet mengaku tidak diberi modal oleh orang tuanya sejak awal. Modalnya hanya diberi rekomendasi dari orang tuanya. “Saya hanya diperkenalkan dengan mitra penjual alat dan distributor ban, yang kebetulan kenalan orang tua saya. Ini lho anak saya, tolong dibantu,” ungkap Piet menirukan omongan rekomendasi orang tuanya, sambil mengenang perjalanan  awal usaha miliknya.

Betawi sendiri singkatan dari  Berdikari Tegar Wicaksana yang merupakan nama PT-nya. Kebetulan juga menurut Piet, usahanya ini lahir di era ‘Si Doel Tukang Insinyur’  yang mengusung nama Betawi yang  sedang tenar saat itu.  “Ya itu kebetulan saja, eranya pas dan kebetulan saya juga insinyur mesin jadi sama dan  pas lah,“ ujar Piet yang juga insinyur mesin jebolan Universitas Tarumanegara ini.

Kini, bengkel miliknya tidak hanya sekadar bengkel biasa. Piet tidak hanya menjual ban belaka, tetapi juga menjual keamanan. Kehadiran program Worry Free dari Goodyear tentunya sangat bermanfaat sekali bagi ketenangan dan kepuasan konsumen juga bagi pemilik bengkel sendiri.

Kini, untuk melengkapi layanan pada bengkelnya, Piet pun memberikan berbagai layanan servis kendaraan yang meliputi engine, audio, atau pun servis lainnya termasuk untuk kendaraan berat. Seiring dengan perkembangan TI, Betawi Ban yang menjadi dealer resmi Goodyear pun telah mengadopsi TI untuk mendukung pelayanan terhadap konsumen berupa sistem data recording.

20160427075440 69 4

Tags: , , , , , ,


COMMENTS