April 27, 2016

Dari Modal Kecil, Kini Menjadi Dealer Resmi Goodyear

Penulis: Karyo

Kalau pada umumnya bengkel-bengkel kebanyakan sering melakukan praktek tipu-tipu, membohongi, atau mengerjai para kliennya, tidak demikian dengan bengkel miliknya. Di bengkel milik Piet, konsumen akan diberitahu kerusakan atau kendala tentang kendaraaanya secara terbuka dan jujur pada pemiliknya. Begitu juga kalau ada peralatan atau komponen yang harus diganti, Piet tidak segan-segan untuk memberitahukannya secara jujur dengan bukti-bukti visual kondisi komponen yang memang harus diganti.

Bahkan, Piet pun memberi tahu atau mengajari konsumennya untuk mengetahuo komponen apa saja yang rusak dan yang masih bagus. “Saya tunjukan ini lho komponen yang rusak dan ini yang baru. Saya perlihatkan pada mereka. Bahkan saya pun kasih tahu mana komponen yang KW atau yang asli supaya konsumen paham,” ujar Piet menceritakan pengalamannnya.

Meski  demikian, Piet tidak memaksa konsumennya untuk membeli atau mengganti alat atau komponen tersebut. Keputusan semuanya diserahkan kepada konsumen. Bagi Piet, yang penting sudah bisa memberitahu secara jujur soal kondisi kendaraannya. Karena Piet mempunyai  prinsip dan menerapkan nilai-nilai kejujuran serta mengedukasi para konsumennya.  Jadi atau tidaknya bagi Piet tidak menjadi masalah, yang penting bagi Piet sudah memberikan edukasi bagi konsumen atau pelanggannya.

Dengan prinsip tersebut, para konsumen merasa senang dan puas dengan pelayanan yang diberikan Piet. Bahkan, menurut  Piet, banyak konsumen yang akhirnya menjadi pelanggan tetap karena pelayanan tersebut. “Saya banyak mendapat pelanggan dari rekomendasi pelanggan sebelumnya, terlebih pelanggan individu orang asing,”  tambah Piet . Akhirnya, dari pelanggan individu tersebut, Piet pun diberi kepercayaan untuk mengelola perawatan kendaraan di perusahaan-perusahaan konsumennya. Dari situlah asal mula usaha Piet mulai mendapat banyak pelanggan korporat.

20160427075440 69 2

Tags: , , , , , ,


COMMENTS