May 26, 2016

TRAFI Hadir di Indonesia, Beri Petunjuk Lengkap Angkutan Umum di Jakarta

Penulis: Desmal Andi
TRAFI Hadir di Indonesia, Beri Petunjuk Lengkap Angkutan Umum di Jakarta  

MOBITEKNO – Ayo Naik Angkutan Umum! Anjuran ini sering kita dengar untuk masyarakat ibukota Jakarta yang selalu dikelilingi dengan kemacetan di jalan raya. Oleh sebab itu, angkutan umum menjadi salah satu solusi untuk mengurangi kemacetan. Namun, ketidakjelasan jadwal, rute, atau waktu tempuh sering menjadi kendala masyarakat Jakarta untuk menggunakan moda transportasi umum.

Inilah yang ingin disuguhkan TRAFI, aplikasi transportasi umum yang pertama kali didirikan di Lithuania pada tahun 2013 lalu. Kini, TRAFI masuk ke Indonesia dengan Jakarta sebagai kota pertama yang ingin dibantu TRAFI.

Aplikasi ini menawarkan jadwal, rute, halte terdekat, hingga petunjuk lengkap penggunaan transportasi umum dari satu titik ke titik lainnya. Sebagai langkah awal, TRAFI baru mengaajak Trans Jakarta dan Commuter Line dalam databasenya. Melallui TRAFI, pengguna bisa mendapatkan arahan yang tepat, lokasi kendaraan umum, hingga waktu tempuh sampai ke tujuan dengaan tingkat keakuratan yang tinggi.

“Ini akan menjadi dukungan besar untuk komuter di Jakarta, kota dengan kemacetan dan kurangnya informasi akurat dan lengkap yang menyulitkan mereka dalam merencanakan perjalanan,” ujar Dimas Dwilasetio, Country Manager TRAFI di Indonesia saat memperkenalkan aplikasi ini di Grand Indonesia. “Pendekatan dengan fokus real time dan akurat daari TRAFI menawarkan akurasi informasi tertinggi yang menunjukkan kepada Anda apa yang sebenarnya terjadi pada transportasi umum di kota Anda saat ini,” lanjt Dimas.

Peluncuran TRAFI ini sejalan dengan semangat Pemda Jakarta yang ingin mewujudkan konsep Smart City. Oleh sebab itu, TRAFI juga ingin menjalin kerjasama yang erat dengan Jakarta Smart City untuk memperluas cakupannya ke jenis angkutan lainnya, tidak hanya Trans jakarta dan Commuter Line, seperti Kopaja, Metromini, atau Mikrolet.

Tags: , , ,


COMMENTS