May 26, 2016

Suzuki Lanjutkan Program CSR, Donasikan Unit dan Mesin ke 7 SMK di Sumatra

Penulis: Desmal Andi
Suzuki Lanjutkan Program CSR, Donasikan Unit dan Mesin ke 7 SMK di Sumatra  

MOBITEKNO – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kembali melanjutkan program Corporate Social Responsibility (CSR) guna mempersiapkan para generasi muda, khususnya lulusan sekolah kejuruan peminatan otomotif dalam menghadapi era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Di program CSR tahap 5 yang dilakukan pada bulan Mei ini, Suzuki merambah wilayah Sumatra dengan menyerahkan 4 unit mobil, 2 unit motor, 6 mesin, dan 12 paet buku training ke 7 sekolah, yaitu SMKN 2 Banda Aceh, SMK Kansai Pekanbaru, SMK Taruna Satria Pekanbaru, SMK Satria Jambi, SMKN 2 Palembang, SMKN 8 Padang, dan SMK Immanuel Medan.

Penyerahan unit-unit kendaraan, mesin, dan buku training ini dilakukan terpusat di SMK Immanuel Medan dan dihadiri langsung oleh Wakil Walikota Medan, Ir. Akhyar Nasution M.Si. Di SMK Immanuel ini, Suzuki sekaligus memperkenalkan Pusdiklat Suzuki Immanuel yang telah berdiri sejak 2004 dan telah menghasilkan 306 lulusan. Bahkan, sebanyak 152 lulusan sudah diserap di bengkel resmi Suzuki yang tersebar di berbagai daerah.

“Keterlibatan sektor swasta di dunia pendidikan sangatlah penting untuk menunjang kegiatan belajar mengajar yang efektif dan tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja di lapangan,” kata Ir. Akhyar Nasution M.Si. “Apa yang dilakukan Suzuki ini sangat memberikan inspirasi untuk peningkatan kualitas lulusan SMK. Harapannya semoga tidak hanya Suzuki yang aktif melakukan kegiatan ini, tetapi juga perusahaan lainnya sehingga penyerapan tenaga lulusan SMK bis maksimal,” tambah wakil walikota Medan ini.

Tidak hanya memberikan donasi dalam bentuk barang,  dalam kerjasama di dunia pendidikan ini, Suzuki juga memberikan berbagai pelatihan untuk para guru, mendatangkan guru tamu dari Suzuki, teori, hingga praktik kerja lapangan. Kerjasama ini tentu saja melibatkan dealer resmi Suzuki di kota tersebut.

“Untuk menjadi teknisi yang andal, tidak cukup dengan hanya membaca buku, akan tetapi dibutuhkan praktik langsung menggunakan mesin dan unit sesungguhnya sehingga para siswa dapat memaksimalkan skill mereka untuk menghadapi persaingan yang sangat ketat saat ini,” kata Davy J. Tuilan, Deputy Managing Director 4W PT Suzuki Indomobil Sales.

Dalam program CSR yang akan dijalankan sepanjang tahun 2016 ini, Suzuki telah menyiaplan dan menyerahkan total 213 material donasi ke 56 institusi pendidikan, yaitu SMK, Universitas, dan Balai Latihan Kerja yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Material donasi yang diberikan terdiri dari 29 mobil, 23 motor, 58 mesin, 3 out board motor, dan 100 paket buku training.

Tags: , , ,


COMMENTS