April 26, 2016

Elon Musk: Tesla Autopilot Program Tekan Risiko Kecelakaan Hingga 50 Persen

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Elon Musk: Tesla Autopilot Program Tekan Risiko Kecelakaan Hingga 50 Persen  

MOBITEKNO – Elon Musk, CEO Tesla Motors, bukan hanya senang berbicara seputar teknologi baterai untuk mobil bertenaga listriknya, Tesla. Pria kelahiran Afirika Selatan yang berusia 45 tahun ini juga cukup bangga menjelaskan berbagai teknologi lainnya yang disertakan pada serangkaian mobil Tesla.

Belum lama ini, Musk saat berkuncjung di Norwegia mengatakan bahwa berdasarkan data awal program Autopilot, jika diaktifkan, sistem semi-autonomous driving mobil Tesla bisa menurunkan peluang terjadinya insiden kecelakaan sekitar 50 persen.

Musk yang juga menyinggung visinya mengenai tansportasi publik masa depan tersebut mengungkapkan optimismenya pada sistem Autopilot tersebut, bahkan sejak versi pertamanya. Indikasi kecelakaan yang diketahui dari aktifnya airbag menurut Musk menunjukkan bahwa sistem Autopilot dua kali lebih baik dari seorang pengemudi.

Fitur pada sistem Autopilot Tesla mengkombinasikan pengereman otomatis, lane assist, dan smart cruise control pada saat mobil berada di jalan bebas hambatan (tol) tanpa intervensi pengemudi pada setir.

Pengujian Tesla selama ini menunjukkan sistem Autopilot menunjukkan performa yang bagus dan aman pada berbagai aspek dan kondisi, meski ada beberapa insiden yang memaksa Tesla beralih ke sistem semi-autonomous.

Tesla memang masih harus membuktikan jarak tempuh hingga miliar kilometer untuk bisa dikatakan aman. Namun, produsen otomotif ini mengklaim mobilnya juga menempuh lebih dari 75 juta km dengan sistem Autopilot aktif sejak program ini diluncurkan Oktober tahun lalu. Data ini akan meningkat secara eksponensial mengingat semakin banyaknya mobil Tesla yang berkeliaran di jalanan kota-kota besar di dunia.

Musk mengagendakan sistem Autopilot Tesla yang sepenuhnya otonomi (autonomous) akan siap dua tahun lagi (2018). Namun, Ia belum bisa memastikan seberapa cepat proses regulasinya diselesaikan. Setidaknya, Musk optimis jika data-data yang tercatat selama ini dapat membantu meyakinkan pihak regulator jika sistem Autopilot layak diiijplementasikan di mobile Tesla.

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS