February 26, 2016

Perluas Wawasan, Mahasiswa Binus International University Kunjungi Markas NetApp di Singapura

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Perluas Wawasan, Mahasiswa Binus International University Kunjungi Markas NetApp di Singapura  

MOBITEKNO – Academic Alliance Program merupakan salah satu bentuk nyata kerjasama perusahaan TI dan dunia akademi agar para lulusan universitas lebih siap berkompetisi di dunia kerja nantinya.

Kerja sama inilah yang telah dilakukan NetApp, Inc dan Binus International University sebagai mitra pertamanya di Indonesia dan ASEAN sejak September tahun lalu sebagai bagian dari program NetApp Academic Alliance.

Sebagai kelanjutan dari program ini, 17 mahasiswa Binus International University berkesempatan mengunjungi kantor pusat NetApp, Inc untuk wilayah Asia Pasifik di Singapura. Dalam kunjungan selama 5 hari (22-26 Februari 2016) yang disebut Immersion Program ini, mereka diharapkan dapat menyerap pengalaman langsung berkaitan dengan implementasi Teknologi Informasi (TI) dalam suatu perusahaan TI berksla global seperti NetApp.

NetApp men-sponsori program ini sebagai bentuk kemitraan dengan Binus International University untuk mendidik generasi penerus profesional serta pengambil keputusan dalam bidang TI di Indonesia.

Ana Sopia, Country Manager NetApp Indonesia, menyatakan, "Kami bekerja sama dengan Binus International University untuk mendukung Student Immersion Programme yang bisa memberikan kesempatan bagi mahasiswa mendapatkan wawasan berharga, melihat langsung implementasi dari teori-teori yang elah diperoleh di kelas, dan megetahui tren teknologi mendatang."

Selama bisa mengunjungi langsung markas NetApp di Singapura dan merasakan suasana kerja di perusahaan TI berskala global, para mahasiswa juga akan dibekali dengan informasi seputar teknologi terintegrasi di balik kemitraan NetApp dengan perusahaan, seperti Google, Global Knowledge, dan Fast Lane Consulting. Selain itu, mereka pun diberi kesempatan mempelajari aplikasi teknologi yang bisa diterapkan di masa mendatang.

Berkaitan dengan program ini, Samuel Mahatma Putra, Head of Business Information System, Binus International University, mengatakan, "Kami sangat senang bekerja sama dengan NetApp melaksanakan Immersion Program ini.”

“Mahasiswa mendapatkan banyak manfaat dari kunjungan ke kantor NetApp di Singapura. Antara lain wawasan mendalam akan implementasi TI di perusahaan multinasional, terutama dalam bidang manajemen penyimpanan data", tambanya.

Dengan kerja sama ini, Binus International University menambahkan materi kuliah penyimpanan dan pengelolaan data NetApp ke dalam kurikulum Business Information Systems. Mata kuliah ini bersifat wajib bagi para mahasiswa Business Computing Infrastructures and Communication tahun kedua dan ketiga.

NetApp Academic Alliances Program akan memfasilitasi para mahasiswa untuk mempelajari teknologi, terminologi, dan berbagai hal lainnya dalam mengelola data berskala besar (on premise dan cloud). NetApp akan menyediakan portofolio bahan pengajaran seputar penyimpanan dan pengelolaan data bagi institusi pendidikan, termasuk sesi kuliah berbasis web; simulasi perangkat lunak; dan 30 jam sesi pembelajaran yang mengarah pada sertifikasi teknis dari NetApp.

 

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS