February 26, 2016

Gandeng Leica, Produsen Huawei Ingin Melakukan Renaisans di Dunia Fotografi Smartphone

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Gandeng Leica, Produsen Huawei Ingin Melakukan Renaisans di Dunia Fotografi Smartphone  

MOBITEKNO – Kebiasaan orang mengambil foto di mana dan kapan saja menggunakan smartphone membuat kamera menjadi salah satu fitur terpenting yang perlu dikembangkan produsen smartphone.

Hampir setiap peluncuran produk flasghsip smartphone terbaru, kecanggihan kamera selalu menjadi fitur wajib yang diandalkan produsen smartphone. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika produsen smartphone asal Cina, Huawei, belum lama ini mengumumkan kerjasama jangka panjangnya dengan produsen kamera dan lensa asal Jerman, Leica.

Dengan kerjasama ini, baik Huawei dan Leica berharap dapat menghadirkan kembali standar fotografi tersendiri bagi produk smartphone seperti yang selama ini telah dihadirkan pada produk kamera.

Huawei saat ini telah menjadi produsen smartphone ketiga terbesar secara global setelah Apple dan Samsung. Tahun lalu, perusahaan yang awalnya membuat perangkat phone switch ini telah berhasil masuk perusahaan elit, di samping Apple dan Samsung, yang sukses menjual smartphone d atas 100 juta unit di seluuh dunia.

Sebaliknya, Leica, yang kerap mendapat penghargaan "red dot" ini telah menggeluti dunia kamera dan lencsa selama lebih dari satu abad, bahkan hingga saat ini. Dengan kerjsama ini, keduanya bersepakat untuk melakukan kerjsama jangka panjang (long-term) dalam mengembangkan teknologi kamera yang dapat diaplikasikan di smartphone.

Kolaborasi Huawei dan Huawei akan meliputi riset dan pengembangan dalam berbagai aspek, seperti desain, user experience, co-engineering, pemasaran, dan distribusi retail. Dilihat dari bentuk kerjasama ini, sentuhan keduanya akan ‘terasa’ pada beberapa produk mereka di masa-masa mendatang.

Berbicara mengenai teknologi fotografi smartphone saat ini biasanya perusahaan yang sering dikaitkan dengan produsen smartphone adalah Sony. Sony merupakan pemain dominan karena image sensornya banyak digunakan pada kamera smartphone.

Selain Sony, teknologi image sensor juga ditawarakan perusahan Samsung Electronics, Canon Inc., dan OmniVision Technologies. Seperti apa nantinya smartphone Huawei di masa mendatang setelah mendapat akses teknologi lensa Leica menarik untuk ditunggu penggemar fotografi.

 

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS