November 25, 2016

Radeon RX 490 dengan Dual GPU Siap Tantang Nvidia GTX 1080 di Akhir Tahun

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Radeon RX 490 dengan Dual GPU Siap Tantang Nvidia GTX 1080 di Akhir Tahun  

MOBITEKNO – Setelah aktif dalam beberapa bulan ini menghadirkan GPU Radeon RX 400 series untuk graphics card kelas entry level dan mid-level, AMD dikabarkan siap melepas Radeon RX 490 untuk para graphics enthusiast. Demikian setidaknya kabar dari WCCFTech yang menyebutkan bahwa graphics card tersebut akan memulai debutnya bulan Desember ini.

Radeon RX 490 merupakan GPU AMD kelas enthusiast yang dianggap sebagai rival sejati Nvidia GTX 1080 yang sudah hadir di pasar pertengahan tahun ini. Berdasarkan informasi sementara, Radeon RX 490 akan menyediakan dukungan terhadap resolusi 4K dan memory bus di atas 256 bit. Harga RX 490 yang dipatok (price point) AMD pun diprediksi tidak akan jauh berbeda dari Nvidia GTX 1080.

Salah satu daya tarik utama dari Radeon RX 490 ini adalah implementasi dual GPU seperti halnya graphics card AMD terdahulu, Radeon Pro Duo. Belum dapat dipastikan, apakah AMD akan mengimplan dual-GPU berbasis Polaris 10 atau GPU dengan arsitektur lebih baru, yakni Vega 10.

Graphics card dengan dual GPU juga membawa keuntungan tersendiri jika diimplementasikan untuk display VR karena masing-masing GPU bisa difokuskan untuk memproses graphics intensive task untuk masing masing mata (kiri dan kana) saat ditandemkan dengan headset VR, seperti Oculus Rift atau HTC Vive.

Apabila RX 490 benar-benar hadir bulan depan, besar kemungkinan graphics card RX 490 akan berbasis Polaris 10. Sebaliknya, jika AMD memilih mundur dari jadwal atau merilisnya pada awal tahun 2017 nanti, RX 490 kemungkinan akan mengusung desain arsitektur Vega.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS