October 25, 2016

Tidak Mau Kalah dengan Google Duo, Fitur Video Call Sudah Hadir di WhatsApp Versi Beta

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Tidak Mau Kalah dengan Google Duo, Fitur Video Call Sudah Hadir di WhatsApp Versi Beta  

MOBITEKNO – Meski beragam emoticon sudah bisa menunjukan ekspresi pengguna saat melakukan chat dengan temannya di aplikasi messenger, komunikasi via video tetap masih diperlukan untuk kebutuhan komunikasi tertentu.

Tidak heran, beberapa aplikasi messenger, seperti LINE, Skype, BBM, Hangouts, Viber, WeChat, hingga KakaoTalk sudah menyediakan fasiltias tersebut meski kebanyakan aktor kestabilan koneksi, kualitas gambar, dan lain-lain masih belum ideal di berbagai kondisi jaringan. 

Dari sejumlah aplikasi messenger tersebut, masih ada satu aplikasi populer lain yang hingga kini belum menyediakan fitur video call, yaitu WhatsApp. Tidak mudah bagi WhatsApp yang sejak Februari lalu sudah memiliki satu  miliar pengguna aktif bulanan (MAU/monthly active user) untuk menyiapkan infrastrukturnya agar fitur video call bisa diharikan dengan lancar.

Setelah sudah cukup lama diketahui menguji fitur video call ini melalui pengujian internal dan program beta testing, WhastApp akhirnya bersiap dalam wakt dekat ini siap meluncurkan fitur tersebut secara luas.

Aplikasi beta WhatsApp versi 2.16.318 (untuk Android 2.3.4 atau lebih baru) diketahu sudah menyertakan dukungan video call yang cukup stabil dan siap dihadirkan pada WhatsApp versi stabil (stable version). Pengguna yang telah meng-instals versi ini dapat langsung men-tap icon ‘Call’ yang bukan hanya menampilkan opsi untuk ‘voice call’ tapi juga 'video call'. 

Interface-nya tidak berbeda dengan interface yang ada saat pengguna ingin melakukan melakukan ‘voice call’. Penguna dapat memulai panggilan baru melalui tab Calls atau dari dalam ‘conversation window’ dengan memilih icon call yang ada.

Agar fitur video call bisa bekerja, pengguna dan orang lain (contact) yang dihubungi harus sama-sam telah meng-instal WhatsApp versi beta tersebut. Jika tidak, pengguna akn mendapat pesan yan menyatakan bahwa penrima (recipient) harus meng-update aplikasi WhatsApp-nya ke versi yang lebih baru. Versi stabil dari WhatsApp yang menyertakan fitu video call diperkirakan akan segera hadir dalam beberapa minggu ini di Play Store.

 

Tags: , , , , , , , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES