October 25, 2016

Mau Tahu Fitur Menarik MacBook Pro yang Bakal Jadi Bintang di Acara Apple ‘Hello Again’ Akhir Oktober Ini?

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Mau Tahu Fitur Menarik MacBook Pro yang Bakal Jadi Bintang di Acara Apple ‘Hello Again’ Akhir Oktober Ini?  

MOBITEKNO – MacBook Pro (notebook), MacBook Air (subnotebook), iMac (desktop all-in-one), dan Mac Pro (workstation/server) adalah lini produk yang relatif jarang di-update oleh Apple. Tidak mengherankan jika acara Apple pada tanggal 27 Oktober 2016 nanti (Apple ‘Hello Again’ MacBook Event 2016) banyak ditunggu-tunggu pengguna notebook dan desktop setianya.

Menurut Ming-Chi Kuo, analis KGI Securities, yang selama ini menjadi pembocor informasi terpercaya seputar iPhone dan produk Apple lainnya, baru saja memberikan beberapa informasi penting tentang apa saja penyegaran yang diberikan Apple pada serangkaian desktop dan notebook Apple terbarunya. Tentunya yang paling menarik ditunggu adalah lini notebook MacBook Pro yang tersedia denga layar 13 dan 15 inci.

Hapir dapat dipastikan, MacBook Pro akan diperkuat dengan prosesor Intel Kaby Lake (Intel 7th-Gen Core) dan menyediakan port USB-C/Thunderbolt 3 sebagai penganti port USB 3.0 standar yang diusung MacBook terdahulu. Banyak pihak berharap Apple tidak melakukan ‘kesalahan’ seperti pada MacBook Pro 12 inci terdahulu yang hanya menyertakan satu buah port USB– (USB Type-C).

Reputasi Apple yang terobsesi membuat produknya tampil minimalis kerap dikeluhkan banyak pihak karena membawa dampak hilangnya port-port standar yang masih dianggap penting bagi konsumen. Pada MacBook Pro yang berorientasi profesional, Apple mungkin akan lebih berkompromi dengan menyediakan setidaknya dua port USB-C.

""

Kuo juga menyebutkan bahwa MacBook Pro terbaru akan menghadirkan panel sentuh OLED (Organic Light-Emitting Diode) di atas keybaord (dekan layar). Panel ini akan menjadi keyboard shortcuts khusus yang dungsinya akan disesuaikan dengan aplikasi Mac yang sedang digunakan (dijalankan) pengguna.

Misalnya, browser Safari dapat menampilkan tombol dengan fungsi refresh di panel atau iTunes akan menampilkan berbagai tombol kontrol playback. Teknologi fingerprint juga akan diimplementasikan Apple dengan menggantikan tombol ‘Power’ konvensional (tombol fieki) dengan tombol Touch ID yang menyertakan fingerprint scanner.

Modul graphics juga akan diperbaharui Apple dengan hadirnya GPU berbasis AMD Polaris pada model MacBook Pro 15 inci. Model MacBook Pro 13 inci terdahulu diketahui masih menggunakan modul graphics terintegrasi dari Intel.

""

Selain MacBook Pro, prosesor Intel Kaby Lake, GPU AMD Polaris, dan port USB Type-C juga akan disematkan Apple pada model atas lini desktop-nya, yaitu Apple iMac. Sayangnya Kuo tidak membeberkan perubahan apa saja yang bakal diberikan Apple pada notebook entry level MacBook Air (11 inci dan 13 inci) dan workstation Mac Pro. Sejak diperkenalkan 2013 lalu, Mac Pro berdesain silender dengan prosesor Intel Xeon (Ivy Bridge) ini hingga kini belum mendapat giliran update.

 

 

Tags: , , , , , , , , , , ,


COMMENTS