August 25, 2016

Setelah iOS, Layanan Gratis Tanpa Batas Opera VPN Kini Tersedia di Android

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Setelah iOS, Layanan Gratis Tanpa Batas Opera VPN Kini Tersedia di Android  

MOBITEKNO – Setelah meluncurkan layanan VPN gratis tanpa batasnya untuk pengguna iOS di bulan Mei lalu, Opera akhirnya resmi meluncurkan layanan sejenis untuk pengguna Android. Seperti di iOS, aplikasi VPN gratis bagi pengguna Android ini juga mengandalkan teknologi SurfEasy yang diakuisis Opera tahun lalu.

Aplikasi Opera VPN untuk Android ini akan menyediakan privasi pengguna saat melakukan berbagai aktivitas di Internet, termasuk menghilangkan berbagai cookies pelacak iklan, memudahkan pengguna dalam mengakses lebih banyak konten di Internet, memperluas jangkauan geografis aplikasi (yang memblokir akses pengguna dari negara lain), serta menguji keamanan jaringan nirkabel (Wi-Fi).

Menyambut dirilisnya Opera VPN di Android tersebut, Chris Houston, President of SurfEasy, Divisi VPN Opera, menyatakan“Aplikasi Opera VPN untuk Android berbeda dari aplikasi VPN lain karena menawarkan layanan gratis tanpa batas penggunaan data, fasilitas log-in, fitur perlindungan Wi-Fi canggih, dan tanpa perlu berlangganan.”

“Kami telah memasang Olaf, maskot kami, seorang Viking di aplikasi ini. Kenapa Viking? Karena bangsa Viking tidak mengenal batasan dan mereka sama sekali tidak takut akan Wi-Fi publik. Aplikasi Opera VPN juga bisa menjadi penjaga virtual bagi para pengguna smartphone” tambah Chris.

Opera VPN juga menyertakan tool penguji Wi-Fi untuk menegtahui level privasi saat online.Tool ini akan memindai dan memeriksa jaringan Wi-Fi apakah jaringan tersebut milik umum atau pribadi, apakah jaringan tersebut dienkripsi, dan berapa banyak perangkat lain yang memakai sambungan yang sama.

Tool ini juga dapat mengetahui apakah alamat IP dan lokasi pengguna akan terpampang, dan apakah orang lain dapat memantau atau mengendus rincian dari perangkat milik pengguna. Apabila terdeteksi adanya kelemahan, tool tersebut akan menyarankan pengguna untuk mengaktifkan VPN melalui beberapa pilihan server VPN (tersedia beberapa di lokasi Amerika Serikat, Kanada, Jerman, Singapura, dan Belanda).

 

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS