July 25, 2016

Inovasi Emirates Manfaatkan Teknologi Augmented Reality

Penulis: Eko Lannueardy
Inovasi Emirates Manfaatkan Teknologi Augmented Reality  

MOBITEKNO – Bepergian dengan maskapai penerbangan Emirates kini semakin nyaman. Pasalnya, Emirate belum lama ini telah menghadirkan amenity kits interaktif pertama di dunia untuk Kelas Ekonomi. Amenity kits baru bergaya modis ini dilengkapi dengan teknologi Augmented Reality (AR) yang memiliki berbagai konten dan dapat diakses melalui perangkat smartphone atau tablet.

Hadirnya teknologi baru ini di Emirates berkat kerja sama dengan Blippar. Melalui aplikasi yang dikembangkan oleh Blippar, penumpang Emirates dapat mengakses berbagai konten hiburan yang tersedia. Caranya, penumpang cukup memindai amenity kits yang disediakan untuk seluruh Kelas Ekonomi.

Tak hanya cocok untuk perangkat Android, aplikasi Blippar juga kompatibel dengan perangkat berbasiskan iOS. Konten hiburan yang tersedia adalah mulai dari kumpulan musik, Emirates doodles, tips bepergian hingga kesehatan. Rencananya, setiap enam bulan sekali amenity kits ini akan diperbarui.

Berbentuk tas, amenity kits ini hadir dalam enam desain yang terinspirasi dari enam wilayah jaringan global Emirates, yakni Australia, Amerika Latin, Timur Tengah, Afrika, Eropa dan beberapa negara Timur Jauh serta Asia Timur. Masing-masing dari enam desain yang dibuat menggunakan warna dan pola yang merupakan ciri khas dari wilayah tersebut.

Secara lebih luas, aplikasi Blippar adalah Peramban Visual yang dapat digunakan untuk menjelajahi dunia di sekitar. Untuk menggunakannya, cukup arahkan aplikasi Blippar kepada ribuan objek yang telah terdaftar di aplikasi tersebut untuk mendapatkan informasi tambahan mengenai benda objek tersebut.

Selanjutnya, Blippar akan menjelaskan objek tersebut, mulai dari konteks hingga berbagai fakta menarik dan berguna mengenai objek tersebut. Seluruh informasi aplikasi Blippar bersumber dari grafik pengetahuan ‘Blipparsphere’. Baik aplikasi Blippar maupun Blipparsphere, keduanya memiliki teknologi Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan.

Aplikasi Blippar juga melengkapi sistem hiburan pemenang penghargaan Emirates, yaitu Ice Digital Widescreen, yang baru saja memenangkan penghargaan ke-12 tahun berturut-turut sebagai ‘Maskapai dengan Hiburan Terbaik di Dunia’ pada Penghargaan Maskapai 2016 oleh Skytrax.

Penumpang dari seluruh kelas dapat menikmati lebih dari 2.500 saluran hiburan dan Wi-Fi gratis pada pesawat A380 serta hampir semua pesawat B777. Amenity kits tersebut tersedia pada beberapa layanan rute penerbangan jarak jauh dan seluruh rute penerbangan sangat jauh, dimulai pada bulan Agustus tahun ini.

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS