July 25, 2016

Bakal Diambil Alih Verizon, Kepemimpinan Marissa Mayer di Yahoo! Mungkin Berakhir

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Bakal Diambil Alih Verizon, Kepemimpinan Marissa Mayer di Yahoo! Mungkin Berakhir  

MOBITEKNO – Pada akhir tahun 90-an hingga awal 2000-an, Yahoo! dikenal sebagai gerbang utama bagi para warga Internet (netizen). Saat itu, hampir setiap orang yang berselancar, seringkali memulainya dari search engine Yahoo!. Bahkan berkirim e-mail pun dilakukan melalui fasilitas Yahoo! Mail. Dengan kata lain, apa yang dilakukan dengan Google saat ini, dulunya dilakukan dengan layanan Yahoo.

Kini, dinamika di dunia maya yang terjadi begitu cepat membuat banyak pihak menganggap Yahoo! sudah berada persimpangan jalan antara bangkit kembali menjadi perusahaan teknologi Internet besar dengan inovasi baru atau perlahan hilang di tengah-tengah persaingan yang begitu ketatnya.

Pilihan kedua mungkin saja akan terjadi setelah baru-baru ini Yahoo! diberitakan Bloomberg akan diambil alih oleh Verizon dengan nilai transaksi mencapai US$ 4.8 miliar (baca juga: ‘Dibeli oleh Verizon, Yahoo! Akan Bersaing Keras dengan Facebook dan Google’)

Dengan kabar tercapainya kesepakatan ini, Verizon kemungkinan besar akan mengakhiri pula kepemimpinan CEO Yahoo, Marissa Mayer. Sejak menjabat CEO Yahoo! empat tahun lalu, Mayer bertekad akan membangkitkan kembali kejayaan Yahoo sebagai sebuah perusahaan tekologi yang independen (independant company).

Saat pertama kali terpilih, Mayer bahkan berjanji akan menjadikan pertumbuhan bisnis Yahoo! lebih cepat dari pertumbuhan industri. Salah satu strateginya adalah mengakuisisi beberapa perusahaan kecil, seperti Flickr dan Tumblr, serta mengaposi teknologi mobile dalam berbagai layanannya. Hasil

Hasilnya, menurut data eMarketer, pangsa pasar Yahoo! di iklan online global (global online ads) justru terus mengalami penurunan secara konsisten dari tahun 2012 hingga tahun 2016

Meski bakal tergeser posisinya sebagai CEO Yahoo!, Marissa Mayer mungkin tidak akan terlalu kecewa mengingat Verizon, menurut prediksi Equilar (firma riset kompensasasi), sudah menyiapkan uang kompensasi senilai US$ 57 juta.

Seperti yang sudah diberitakan, Verizon yang mengambil alih bisnis inti dan aset bangunan Yahoo! (tidak termasuk paten yang dimilki Yahoo!) akan mengkombinasikan akusisi barunya tersebut dengan AOL yang sebelumnya telah diakusisi senilai US$ 4,4 miliar. Gabungan kedua perusahaan ini diperkirakan akan menambah jumlah userbase-nya menjadi hampir 2 miliar.

 

 

Tags: , , ,


COMMENTS