February 25, 2016

BEKRAF Gandeng 7-Eleven Ajak Ibu Rumah Tangga Belajar Coding

Penulis: Eko Lannueardy
BEKRAF Gandeng 7-Eleven Ajak Ibu Rumah Tangga Belajar Coding  

MOBITEKNO – Bertempat di Co-working Space 7-Eleven, Lantai 2 di Jl. KH. Agus Salim 32B, Sabang Menteng, Jakarta (24/2) Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) bersama 7-Eleven sukses menggelar sebuah acara bertajuk Coding Mum. Acara ini sengaja digelar sebagai program pendidikan dan pelatihan bahasa pemrograman untuk menghasilkan tenaga kerja paruh waktu bagi ibu rumah tangga.

Coding Mum merupakan inisiatif Kepala BEKRAF, Triawan Munaf untuk mengembangkan sektor ekonomi kreatif, secara khusus juga bertujuan mengembangkan kemampuan teknis bagi ibu rumah tangga Indonesia belajar bahasa pemrograman. Tak hanya itu, pelatihan ini juga diharapkan mampu mengembangkan jiwa kewirausahaan dengan kemampuan sendiri tanpa harus meninggalkan rumah.

Kegiatan ini akan dilaksanakan sebanyak 15 kali pertemuan yang diikuti oleh 20 orang peserta dari Jakarta dan sekitarnya. Menjadi program yang berkelanjutan, rencananya Coding Mum juga akan di gelar di banyak kota di Indonesia, seperti Bogor, Bandung, Surabaya, Malang, Makasar. Pesertanya sendiri akan direkrut lewat jalur online sehingga bisa diakses dari sejumlah daerah di Tanah Air.

Terkait dengan materi yang disajikan, pelatihan Coding Mum juga merangkul beberapa institusi pendidikan, diantaranya Clevio Coder Camp, Dilo Mikti dan ProCode CG. Seluruh materi dan bentuk "coaching" akan disajikan dengan lebih mudah sehingga mudah dimengerti oleh para ibu rumah tangga sebagai pesertanya.

Di Indonesia, Coding Mum sendiri bukanlah pelatihan pertama mengenai bahasa pemrograman yang diberikan kepada ibu rumah tangga. Program serupa juga sudah dilakukan di banyak negara dan mampu menghasilkan programmer dari ibu rumah tangga yang handal, seperti Mums In Technology di Inggris dan Digital Mums atau Mother Coders di Amerika Serikat.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS