December 24, 2016

Kota di Prancis ini Gunakan Panel Surya yang Diletakkan di Jalan Raya

Penulis: Desmal Andi
Kota di Prancis ini Gunakan Panel Surya yang Diletakkan di Jalan Raya  

MOBITEKNO – Memaksimalkan sumber energi yang ada di sekitar memang harus terus dikembangkan untuk sumber energi alternatif. Salah satunya dapat dilihat pada sebuah kota bernama Tourouvre-au-Perche yang ada di Normandy, Prancis. Di sini, sepanjang 1 km, jalan raya utama di desa tersebut menggunakan tenaga matahari untuk penerangannya. Namun berbeda dengan yang banyak dilakukan selama ini, panel surya yang ada justru diletakkan bersamaan dengan badan jalan, bukan di atas.

Panel surya sepanjang itu diharapkan dapat mendukung energui untuk area seluas 2.800 meter persegi. Panel surya ini baru saja diresmikan oleh Menteri Ekologi setempat, Segolene Royal.

Karena diletakkan selapis dengan jalan raya, panel surya ini ditutupi dengan resin pelindung yang terdiri dari lembaran silikon halus yang dapat menahan beban hingga 2.000 kendaraan yang lewat di atasnya. Pejabat setempat akan mengkaji panel surya ini selama dua tahun ke depan. Mereka akan menilai apakah keberadaan panel surya yang dinamakan Wattway ini bisa mendukung penerangan di kota tersebut yang berpenduduk 3.400 orang?

Panel surya yang ada di jalan raya ini juga diklaim sebagai panel surya pertama di dunia yang diletakkan di jalan raya umum. Sebelumnya, Amsterdam, Belanda juga melakukan hal yang sama, tetapi tidak di jalan raya umum.

Jika percobaan ini berhasi, Royal ingin panel surya tersebut dipasang di setiap 1.000 km dari panjang jalan yang ada di negara tersebut. Saat ini Prancis memiliki total panjang jalan sejauh 1 juta km.

Sumber: Mashable

Tags: , , , ,


COMMENTS